BOGOR TODAY – Para designer yang tergabung dalam Bogor Fashion Culture (BFC) mengunjungi Kampung Batik Cibuluh di Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, Selasa (2/6/2021).

Sesampai di Kampung Batik Cibuluh, para anggota BFC langsung disambut oleh Sri Hartati, pemilik Batik Pancawati. Lalu, mereka pun lansung menyempatkan diri untuk melihat-lihat batik serta mulai mendesign corak batik yang akan di gunakan pada saat perayaan Hari Jadi Bogor.

Para anggota BFC juga melihat proses pewarnaan pada kain batik yang dilakukan oleh para pengrajin. Dari kesempatan itu, ke-lima designer itu bisa mengetahui bagaimana cara pembuatan corak batik khas Cibuluh.

Dalam kunjungan kali ini Dhany Rose selaku Ketua Bogor Fashion Culture mengatakan, kami mengunjungi Kampung Batik Cibuluh dalam program bekerjasama dengan Kampung batik, juga membantu mengangkat industri ekonomi kreatif di Kota Bogor.

“Tujuan awalnya dalam rangka berdirinya BFC pada 7 Mei lalu, selain mengangkat designer yang ada di Kota Bogor juga untuk menjadikan satu wadah organisasi yang mempunyai tujuan untuk mengangkat potensi UMKM yang ada di daerah Kota Bogor,” ujarnya.

Sementara itu, Frida Aulia designer FridAulia Indonesia turut menyampaikan, dalam kehadiran kami ke Kampung Batik Cibuluh selain menyambut HJB, kita berencana membuat seragam untuk acara pelantikan BFC.

“Kenapa kita memilih Kampung Batik Cibuluh karena kita ingin bahwa BFC bisa mengangkat kearifan lokal agar kita bisa mengangkat pengrajin batik dari Kota Bogor,” kata Frida.

“Untuk motifnya sudah kita pilih, dan nanti pada saat pelantikan suddah bisa kita pakai nanti”, tambah Frida.

Di tempat yang sama, Designer Tety Murniati menambahkan, dalam perayaan Hari Jadi Bogor nanti, BFC akan mengadakan satu kegiatan yaitu Fashion Show di Kebun Raya Bogor. Model yang akan kami gandeng adalah Istri Walikota Bogor Yane Ardian dan Istri Wakil Walikota Yantie Rachim.

“Semua para designer BFC ini mempunyai beberapa tema koleksinya dan akan mengangkat batik yang ada di Bogor diantaranya, Evi Naviatul mengusung tema piknik, Yusi Irawati flower in flower, Frida Aulia Batik Kebun Raya dan Lawang Salapan, Dhany Rose ‘Nature’ menyatu dengan alam, Tety Muniarti Feminim Romantic The Heritage,” ungkap Tety. (Aditya)