BOGOR TODAY- Dalam memperingati hari Lahir Pancasila yang jatuh pada 1 Juni, Keluarga Alumni Institut Pertanian Bogor (IPB) melaksanakan kegiatan apel dan menyanyikan Aubade di Tugu Kujang, Jalan Padjajaran, Kota Bogor.

Terjalinnya kegiatan tersebut, atas inisiasi dari Keluarga Alumni IPB bersama jaringan Gerakan Anti Radikalisme (GAR) IPB, Alumni untuk Indonesia, RKIH, GWJ dan Perguruan Keboen Sastra.

Ketua Umum Keluarga Alumni IPB, Titi Wijayanti mengatakan, kami pada saat hari lahir Pancasila mengadakan acara khusus apel pagi Aubade dengan menyanyikan 10 lagu Kebangsaan dan Daerah.

“Karena kami tinggal di Bogor, untuk pertama kalinya kami mengambil tema lagu dari daerah Jawabarat,” ujar Titi kepada wartawan, Selasa (1/6/2021).

Menurutnya, sejarah bangsa menjadi tulang hubung bagi generasi milenial dan orang-orang terdahulu serta memberi kesadaran akan perlunya wawasan kebangsaan dan nusantara dalam pemikiran generasi milenial.

Selain itu, keluarga alumni IPB mempunyai cita dan visi-misi bahwa Indonesia maju bersama dalam keberagaman serta membentuk kesadaran generasi milenial sebagai penjaga kelestarian, keanekaragaman adat dan budaya bangsa.

Kemudian Titi mengungkapkan, bahwa cara pengabdian Pancasila salah satunya dengan berbagi sesama siapapun tanpa harus melihat suku, adat dan agama itu sudah merupakan pengamalan Pancasila.

“Contohnya dengan kita berbagi seperti ini sebagai kebangsaan kita sudah mengamalkan Pancasila. Menurut pandangan saya, tidak perlu harus teriak Pancasila, dengan kita berbagi sesama dan kita mengikuti aturan yang ada,” ungkap Titi.

Titi berharap ditengah terpaan pandemi Covid-19 pada hari lahir Pancasila. Dengan keberadaan kita, kebangkitan Indonesia menjadi nyata ditengah masyarakat. (Aditya)