BOGOR TODAY – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berencana bangun 362.974 Jaringan Gas Bumi
Rumah Tangga di 57 desa/kelurahan yang tersebar di enam Kecamatan wilayah Cibinong Raya.

Menurut direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastuktur Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM RI, Noor Arifin Muhammad, pembangunan sambungan jaringan gas bumi rumah tangga merupakan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) adalah 3,5-4 juta sambungan gas rumah tangga yang ditargetkan hingga tahun 2024 mendatang.

Dengan demikian, Pemerintah Pusat melalukan satu terobosan melalui skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) salah satunya dengan Pemerintah Kabupaten Bogor.

“Target kami, pada tahun ini kita lakukan kerjasama di 13 kota/kabupaten salah satunya Kabupaten Bogor dengan total anggaran sebesar 2,6 triliun untuk 360 ribu sambungan gas rumah tangga,” Kamis (17/6/2021).

Atas dukungan dari Pemkab Bogor, dirinya berharap adanya langkah selanjutnya, seperti lancar tahap perencanaan, tahap persiapan, eksekusi sehingga mendapat invest sesuai kondisi yang diharapkan.

Menanggapi hal itu, Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan menyebut enam kecamatan yang bakal dibangun Jaringan Gas Rumah Tangga tersebut dengan rincian Kecamatan Cibinong, Bojonggede, Sukaraja, Gunung Putri, Citeureup dan Babakan Madang yang meliputi 57 desa/kelurahan dengan jumlah sambungan sebanyak 362.974 sambungan pipa gas rumah tangga, dengan anggaran sebesar 2,6 triliun.

“Kami sangat berterima kasih kepada Kementerian ESDM RI, yang telah memilih Kabupaten Bogor sebagai proyek percontohan pembangunan jaringan gas bumi rumah tangga, dan merespon keinginan masyarakat Kabupaten Bogor untuk dapat menikmati jaringan pipa gas rumah tangga,” tutur Iwan.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Perusahaan Gas Negara (PGN) total sambungan rumah tangga yang aktif di Kabupaten Bogor dengan skema bantuan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2018 sebanyak 8.322 sambungan pipa gas rumah tangga, sedangkan untuk tahun 2019 pembangunan pipa jaringan gas rumah tangga telah terbangun sebanyak 5.120 sambungan yang terbagi, untuk masyarakat Kecamatan Cibinong 2.006 sambungan dan Kecamatan Bojonggede 3.114 sambungan.

“Jumlah ini masih kecil, kita akan inventarisasi dan kapitalisasi agar seluruh kecamatan di Kabupaten Bogor bisa mendapatkan fasilitas jaringan gas bumi rumah tangga,” katanya. (B. Supriyadi)