PANDEGLANG TODAY – Tidak lama lagi, Kecamatan Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang akan menggelar pesta demokrasi di tingkat desa. Pandeglang merupakan satu dari sekian daerah yang melaksanakan pemilihan kepala desa serentak tahun ini. Tercatat sebanyak 207 desa akan melaksanakan pemilihan pada 18 Juli 2021 mendatang. Masyarakat pun menyambut baik hal tersebut dengan harapan desanya akan lebih maju dari sebelumnya.

“Pilkades sejatinya adalah pelaksanaan kedaulatan rakyat di desa dalam rangka memilih kepala desa, menjadi langkah pemerintah melakukan pendidikan politik yang baik dan sebagai momentum pendewasaan demokrasi di desa,” ujar Koordinator Komunitas Masyarakat untuk Demokrasi (KMD) saat acara diskusi publik bertajuk “Siapkah Pilkades Berkualitas?” di Cafe Pawon Canda, Mandalawangi beberapa waktu lalu.

BACA JUGA :  Terseret Banjir di Grobogan, 2 Santriwati Ditemukan Tewas

Menurut dia, ini merupakan ajang penentuan pemimpin di desa yang menjadi harapan masyarakat, selain menjadi kepala desa, namun juga bertugas membangun desa, membina masyarakat dan memberdayakan masyarakat desa.

“Kenyataannya masih terjadi beberapa persoalan kontradiksi dan kekosongan hukum dalam regulasi yang akan berakibat pada kualitas pilkades. Seperti halnya pada pembentukan penyelenggara atau panitia pilkades, pendaftaran pemilih, calon kepala desa luar daerah, sanksi tahapan, partisipasi masyarakat dan politik uang.

“Hal tersebut, lanjut dia, sudah barang tentu mencederai demokrasi yang selama ini dibangun dan berdampak pada penyelenggaraan pilkades yang tidak mandiri dan kurang berkualitas,” imbuh dia dalam diskusi yang diikuti dari berbagai unsur keterwakilan tokoh masyarakat, pemuda, mahasiswa, pemerintah, penanggung jawab pilkades, panitia pilkades dan tokoh lainnya di Kecamatan Mandalawangi.

BACA JUGA :  Menu Takjil untuk Buka Puasa, Ini Dia Manisan Kolang-Kaling yang Kenyal dan Enak

Dalam kesempatan yang sama, Ketua FK BPD Kecamatan Mandalawangi, Tatang Ismail mengatakan, BPD sebagai penanggung jawab Pilkades di masing-masing desa diharapkan menjunjung tinggi netralitas. Menurut dia, salahsatu indikator Pilkades berkualitas yakitu netralitas penyelenggaranya.

============================================================
============================================================
============================================================