JAKARTA TODAY – Diah Permana Rachmawati Soekarno atau Rachmawati Soekarno dikabarkan meninggal dunia pada Sabtu (3/7/2021).

Kabar tersebut disampaikan Wakil Ketua Umum DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad melalui akun Twitter pribadinya @Don_dasco.

“Berita duka, Innalilahi wa innaillaihi rojiun, pada 3 Juli 2021, sekira Pk. 06.45 WIB, Telah wafat Ibu Rachmawati Soekarnoputri di RSPAD,” cuitnya.

 

Namun, pihaknya tidak menyebutkan penyebab meninggalnya adik dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri tersebut.

Baca Juga :  Warga Bogor Bisa Vaksinasi di Gedung DPRD

Sementara, dilansir cnnindonesia.com Rachmawati tercatat sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra dan berada langsung di bawah posisi Ketua Umum Prabowo Subianto sejak September 2020.

Pada Juni 2021, putri proklamator Indonesia, Soekarno, itu juga dikukuhkan sebagai Ketua Dewan Pembina Tim Mutiara Hitam oleh Persipura Jayapura.

Kala itu, Rachma teringat pesan Bung Karno yang pernah disampaikan saat meresmikan Panitia Pembangunan Irian Barat, pada 24 September 1962.

Pembangunan Irian Barat, ujar Rachmawati menirukan Bung Karno, hanya dapat dilakukan dengan mengakumulasi segala upaya dan tenaga, baik moral maupun materil. Irian Barat kini dikenal sebagai Papua dan Papua Barat.

Baca Juga :  Ratusan Pengusaha Kafe dan Restoran Bakal Kibarkan Bendera Putih

Sebelum ditetapkan sebagai Ketua Dewan Pembina Persipura, Rachmawati juga pernah mendapat gelar ‘Mama Papua’ dari tokoh Papua di Jakarta.

“[Semoga] kehadiran saya juga dapat lebih memberikan semangat dan energi baru kepada Persipura untuk dapat menjadi klub sepak bola yang dapat dibanggakan oleh masyarakat Papua,” ucap Rachmawati.

Dalam sepanjang hidupnya, Rachma juga pernah dipercaya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk menjabat anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) pada 2007-2009.
(Chr/CNN/B. Supriyadi)