Oleh : Heru B Setyawan (Guru SMA Pesat School Of Talent)

Mengapa orang tua memilihkan buah hatinya ke sekolah swasta? Itu pertanyaan yang sering terlontar menjelang PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) setiap tahunnya. Apalagi dikalangan masyarakat Indonesia masih banyak yang berpikiran negeri minded.

Pada era tahun 1990 sekolah swasta yang maju hanya sedikit, tapi sejak dekade tahun 2000 banyak sekolah swasta bermunculan, terutama sekolah yang berbasis agama, yaitu sekolah Islam Terpadu (IT).

Baca Juga : PENTINGNYA ILMU AGAMA BAGI NIA RAMADHANI 

Hal ini wajar, karena semakin membaiknya perkembangan Islam di Indonesia, terutama semakin membaiknya semangat hijrah serta menuntut ilmu dari kelas ekonomi menengah ke atas muslim. Inilah beberapa alasan masyarakat memilih sekolah swasta, yaitu:


  1. Mahal tapi berkualitas, inilah yang menjadi jaminan bahwa sekolah swasta memiliki kualitas terbaik. Bagi orang tua siswa, harga bisa dikatakan nomor dua, tetapi mutu pendidikan adalah nomor satu. Hanya di sekolah swasta, dengan kurikulum plus dan pendidikan karakter melalui pendalaman agama, bisa siswa dapatkan.
BACA JUGA :  Susu Kurma Bisa Bantu Diet? Ini Dia Kandungan dan Manfaatnya

2. Sarana dan prasarana lengkap serta berkualitas, di sekolah swasta, semua sarana dan prasana yang berhubungan dengan kegiatan belajar mengajar, disediakan secara lengkap dan berkualitas.

Mulai dari kelas yang nyaman berAC, perpustakaan dengan buku bacaan yang lengkap, laboratorium, lapangan olahraga, kolam renang dengan standar kualitas terbaik, dan lain sebagainya. Semua fasilitas tersebut bisa sepenuhnya dimanfaatkan siswa untuk keperluan belajarnya agar lebih maksimal.

BACA JUGA :  Sekda Syarifah Tinjau Penanganan Longsor dan Kebakaran di Kota Bogor

3. Kualitas guru yang profesional, guru di sekolah swasta harus memiliki kemampuan lebih di bidangnya. Lewat tahapan seleksi yang ketat, pengajar di sekolah swasta sudah pasti memiliki kompetensi terbaik dan dituntut untuk mengajar secara profesional.

Kualitas pengajar sangat penting untuk pendidikan siswa. Oleh karena itu, orang tua tidak perlu khawatir menyekolahkan anaknya di sekolah swasta, karena akan selalu dibimbing oleh guru profesional yang dapat memahami kemampuan setiap anak didiknya.

============================================================
============================================================
============================================================