Dalam mesum ini juga terdapat diorama Soeharto yang merencanakan serangan umum 1 Maret  serta tandu dan dokar (kereta kuda) yang pernah dipergunakan oleh Panglima Besar Jenderal Soedirman.

  1. Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi adalah museum bersejarah yang berfungsi sebagai sarana pendidikan, penyebarluasan informasi aspek kegungapian dan kebencanaan geoligi.

Selain itu, di museum ini juga menyimpan beberapa benda peninggalan tragedi letusan merapi. Ada pula teater yang menayangkan film dokumenter maha guru merapi.

  1. Museum Benteng Vredebrug
BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Selasa 16 April 2024

Museum Benteng vredeburg yang  terletak di depan Gedung Agung dan Kraton Kesultanan Yogyakarta ini pertama kali dibangun pada tahun 1760 atas perintah dari Sri Sultan Hamengku Buwono I dan permintaan pihak pemerintah Belanda yang saat itu dipimpin oleh Nicholaas Harting yang menjabat sebagai Gubernur Direktur Pantai Utara Jawa.

Museum ini sebelumnya adalah sebuah benteng pada masa penjajahan Belanda. Museum ini terbagi menjadi 4 diorama yang masing – masing memiliki koleksi peninggalan para pejuang dan miniature gambaran peristiwa penting di zaman penjajahan.

BACA JUGA :  Gangguan Mental Bisa Jadi Pemicu Susah Bangun Pagi, Benarkah?

Nah, itu tadi beberapa museum yang ada di Yogyakarta. Masih banyak lagi museum – museum lain yang bisa anda kunjungi setelah pandemi berlalu. (net)

 

 

 

Halaman:
« ‹ 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================