YOGYAKARTA TODAY – Di zaman ini, kita sudah terpaut berpuluh-puluh tahun dari peristiwa-peristiwa bersejarah yang sempat terjadi sebelum kemerdekaan hingga puluhan tahun setelah kemerdekaan.

Generasi anak zaman now, tentu sudah tidak pernah mengalami bahkan mungkin sudah jarang mendengar cerita-cerita perjuangan para pahlawan kita di masa lalu.

Untuk itu penting bagi kita untuk mengajak anak & keluarga kita untuk kembali menjelajahi dan mengenang perjuangan mereka melalui peninggalan-peninggalan yang mereka wariskan pada generasi mendatang.

Berikut ini beberapa museum yang bisa kita kunjungi untuk mengenang perjuangan para pahlawan beserta peninggalannya .

  1. Museum affandi

Meseum Affandi yang terletak di Jalan Laksda Adisucipto nomor 167 ini dibangun pada tahun 1962 dengan desain yang dikerjakan sendiri oleh sang maestro. Museum ini memiliki lebih dari 300 lukisan hasil karya Affandi.

BACA JUGA :  Konsisten Selama 10 Tahun, Vihara Dhanagun Jaga Keberagaman Lewat Santunan dan Buka Puasa Bersama

Selain 300 karya lukisan Affandi sendiri, dalam museum ini juga tersimpan lukisan dari para pelukis Indonesia lainnya, antara lain: Basuki Abdullah, Popo Iskandar, Sudjojono, Hendra Gunawan, Barli, dan Muchtar Apin. Selain itu terdapat patung karya Amrus Natalsya, dan cukil kayu poles karya keluarga Tjokot. Bagi penyuka seni, wajib banget datang ke tempat ini.

  1. Museum Monjali

Museum Monjali atau Monumen Jogja Kembali  beralamat Di jalan raya Ring road Utara Sleman Yogyakarta ini dibangun pada tanggal 29 Juni 1985 dengan upacara tradisional penanaman kepala kerbau dan peletakan batu pertama oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX dan Sri Paduka Paku Alam VIII.

BACA JUGA :  Menu Sahur dengan Sup Miso Tofu Bayam yang Simple dan Lezat

Museum Monumen dengan bentuk kerucut ini terdiri dari 3 lantai dan dilengkapi dengan ruang perpustakaan serta ruang serbaguna. Pada rana pintu masuk dituliskan sejumlah 422 nama pahlawan yang gugur di daerah Wehrkreise III (RIS) antara tanggal 19 Desember 1948 sampai dengan 29 Juni 1949.

Dalam 4 ruang museum di lantai 1 terdapat benda-benda koleksi: realia, replika, foto, dokumen, heraldika, berbagai jenis senjata, bentuk evokatif dapur umum dalam suasana perang kemerdekaan 1945-1949.

============================================================
============================================================
============================================================