PHILLIP ISLAND TODAY – DornaSports selaku promotor MotoGP telah sepakat dengan FIM dan IRTA untuk membatalkan balapan MotoGP Australia 2021yang seharusnya digelar pada 24 Oktober 2021. Keputusan itu dibuat lagi-lagi karena efek pandemi virus corona.

Dalam laman resminya, MotoGP menyebut sulit untuk menggelar balapan di Australia di tengah kondisi pandemi Covid-19yang tak menentu. Sulitnya pengiriman logistik dan larangan bepergian ke Negeri Kanguru itu membuat pada akhirnya Dorna Sports menghapus balapan di Sirkuit Phillip Island itu dari kalender MotoGP 2021.

Baca Juga : Tournamen Karate Open Walikota Bogor Cup 2021 Digelar Virtual

“FIM, IRTA dan Dorna Sports dengan menyesal mengumumkan pembatalan Grand Prix Australia. Pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung dan komplikasi perjalanan serta pembatasan logistik yang diakibatkannya membuat ajang balapan tersebut tidak dapat dikonfirmasikan saat ini, dan karena itu (balapan di Australia) tidak akan ditampilkan di kalender MotoGP 2021,” bunyi keterangan MotoGP di laman resmi, Selasa (6/7/2021).

Dengan dibatalkannya MotoGP Australia 2021, pihak Dorna Sportslantas memajukan jadwal balapan seri Malaysia. MotoGP Malaysia 2021 yang awalnay digelar pada 31 Oktober 2021, kini dimajukan sepekan lebih cepat yakni pada 24 Oktober 2021.

Jadi, jadwal balapan GP Australia kini digantikan seri Malaysia. Lantas dengan dibatalkannya MotoGP Australia 2021, maka seri di musim ini akan berkurang? Jawabannya tidak karena Dorna Sport, FIM, dan IRTA pun memutuskan untuk menambah satu seri lagi di akhir musim MotoGP 2021.

Tepatnya pihak Dorna Sports memasuki GP Algarve yang akan berlangsung di Sirkuit Algarve, Portugal pada 7 November 2021. Para pembalap MotoGP akan kembali ke Portugal untuk melaksanakan balapan di sana.

Baca Juga : Laskar Padjajaran Berlatih Yoga

Baca Juga : Tim Barongsai Kabupaten Bogor Incar Tiga Medali Emas di Porprov Jabar 2022

GP Algarve sendiri akan ditempatkan seminggu sebelum seri Valencia dimulai. Jadi, MotoGP Valencia 2021 tetap akan menjadi balapan terakhir seperti tradisi MotoGP sebelum-sebelumnya.

Tentunya perubahan di kalender MotoGP 2021 itu bukanlah yang pertama terjadi. Sebelumnya MotoGP Jepang 2021 juga telah dicoret dari kalender musim ini.

Alasannya tentu karena pandemi virus corona. Namun, pembatalan GP Jepang lantas membuat MotoGP Amerika Serikat 2021 masuk ke kalender balapan musim ini dan akan berlangsung pada 3 Oktober 2021.

Baca Juga : Perkuat Silaturahmi Lewat Olahraga Futsal

Baca Juga : Reinhart Terpilih Jadi Pemain Terbaik FJL U 13 Divisi Utama Jabar

Kini hanya tinggal MotoGP Argentina 2021 yang masih belum menemukan kejelasan apakah masuk ke kalender balapan musim ini atau tidak. GP Argentina tercatat masih tertunda dan masih melihat keadaan. (net)