BOGOR TODAY – Daging merupakan salah satu bahan pangan asal hewani yang mempunyai kandungan gizi tinggi, yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mempertahankan fungsi fisiologisnya.

Keunggulan daging adalah mutu proteinnya tinggi, sebab pada daging terdapat pula kandungan asam amino essensial yang lengkap dan seimbang. Protein daging lebih mudah dicerna ketimbang yang berasal dari nabati, selain itu daging juga mengandung lemak, mineral kalsium, fosfor, vitamin dan zat besi

Daging juga merupakan lauk yang disukai banyak orang. Kita bisa mengkreasikan daging menjadi masakan yang lezat dan kaya rasa.

Namun, saat memasak daging juga memerlukan waktu yang cukup lama untuk membuat daging menjadi empuk. Kalau salah dalam cara memasaknya, daging bisa jadi alot ataupun keras.

Tapi jangan khawatir… Ternyata ada cara merebus daging dengan cepat, cuma butuh waktu 7 menit. Merebus daging dengan cepat ini juga pasti bisa bikin hemat gas. Dengan cara ini, kita bisa masak daging tanpa presto, nih.

Baca Juga :  Relawan KNPI Bantu Kadin Salurkan Bantuan ke Warga Isoman

Penasaran bagaimana caranya? Yuk simak cara merebus daging dengan cepat agar hemat gas berikut ini:

Rebus Daging Selama 7 Menit

Merebus daging seperti daging sapi dan unggas khususnya bebek biasanya membutuhkan waktu yang sangat lama. Namun sekarang ada cara praktis merebus daging tetapi tetap hemat gas.

Trik ini diungkap oleh Chef Stefu Santoso, Executive Chef Aprez Catering by Amuz Group. Ia menjelaskan cara cepat merebus daging ala dirinya yang bisa hemat gas.

Pertama, didihkan air di dalam panci. Setelah air mendidih, masukkan daging. Rebus sampai mendidih lagi selama lebih kurang 7 menit.

“Daging mendidih, tutup panci, matikan (api). Itu sebenarnya prosesnya tidak 7 menit. Tujuh menit memanaskan, terus kita diamkan,” kata Chef Stefu kala.

Setelah api dimatikan dan panci ditutup rapat, uap panas dari air yang mendidih tersebut akan terperangkap di dalam panci. Membuat proses pemasakan terus berlangsung walaupun api sudah dimatikan.

Baca Juga :  Kabar Duka, Mantan Ajudan Gus Dur Meninggal Dunia

“Kalau dalam kondisi diam, panci ditutup, itu panasnya masih di dalam. Dia tidak cepat dingin sehingga proses memasaknya masih terus berjalan. Padahal kompor mati,” pungkas Chef Stefu.

Merebus Daging dalam Air Kelapa

Daging yang direbus dangan air kelapa bisa jadi terasa lebih lembut dan tidak seret saat dimakan. Cara menggunakannya mudah. Ganti saja jumlah air untuk mengungkep daging dengan air kelapa.

Tenang, aroma air kelapa tidak akan terasa karena tertutupi dengan aroma rempah dalam bumbu. Justru di dalam daging nantinya ada rasa gurih dan sedikit rasa manis dari air kelapa.

Untuk mendapatkan rasa manis ini, gunakan air kelapa muda. Semakin muda, air kelapa akan makin manis dengan rasa asam hanya sedikit. Sebaliknya, kalau tua, air kelapa sudah terasa asam. (net)