Pertama, didihkan air di dalam panci. Setelah air mendidih, masukkan daging. Rebus sampai mendidih lagi selama lebih kurang 7 menit.

“Daging mendidih, tutup panci, matikan (api). Itu sebenarnya prosesnya tidak 7 menit. Tujuh menit memanaskan, terus kita diamkan,” kata Chef Stefu kala.

Setelah api dimatikan dan panci ditutup rapat, uap panas dari air yang mendidih tersebut akan terperangkap di dalam panci. Membuat proses pemasakan terus berlangsung walaupun api sudah dimatikan.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor, Kamis 28 Maret 2024

“Kalau dalam kondisi diam, panci ditutup, itu panasnya masih di dalam. Dia tidak cepat dingin sehingga proses memasaknya masih terus berjalan. Padahal kompor mati,” pungkas Chef Stefu.

Merebus Daging dalam Air Kelapa

Daging yang direbus dangan air kelapa bisa jadi terasa lebih lembut dan tidak seret saat dimakan. Cara menggunakannya mudah. Ganti saja jumlah air untuk mengungkep daging dengan air kelapa.

BACA JUGA :  Pemkab Bogor Bahas Optimalisasi Pemanfaatan Command Center 

Tenang, aroma air kelapa tidak akan terasa karena tertutupi dengan aroma rempah dalam bumbu. Justru di dalam daging nantinya ada rasa gurih dan sedikit rasa manis dari air kelapa.

Untuk mendapatkan rasa manis ini, gunakan air kelapa muda. Semakin muda, air kelapa akan makin manis dengan rasa asam hanya sedikit. Sebaliknya, kalau tua, air kelapa sudah terasa asam. (net)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================