BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Kepala Desa Sipak, Kecamatan Jasinga,  Kabupaten Bogor Agung Suryadinata menyosialisasikan peraturan desa tentang perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja (APBDesa) Sipak dalam giat Musrenbangdes (musyawarah rencana pembangunan desa) di ruang rapat kantor Desa Jasinga, Selasa (3/8/2021)

Tak hanya itu, Agung juga menyampaikan hasil-hasil pembangunan yang telah di laksanakan sepanjang tahun 2021 yang merupakan amanat Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes).

“Pembangunan itu harus dirasa dan berkelanjutan dan semua stakeholder, harus berkontribusi untuk pembangunan tahun 2022 mendatang” kata Agung dalam sambutannya.

Menurutnya, hal itu merupakan bentuk transparansi pengelolaan keuangan desa yang pendapatannya diterima dari berbagai sumber dan masuk melalui rekening kas desa.

Baca Juga :  Cafe Ruang Rakyat Tempat Nongkrong Baru di Kota Bogor, Cocok Buat Semua Kalangan

Agung menambahkan, terdapat beberapa poin penting dalam giat tersebut. Yang mana musrenbang kali ini merupakan lanjutan dari kegiatan musyawarah yang telah dilaksanakan sebelumya oleh pemerintah desa (pemdes).

“Ada beberapa point penting dalam Musrenbangdes kali ini, yang mana Musrenbang ini adalah lanjutan dari Musrenbang tingkat Dusun yang telah dilaksanakan sebelumnya oleh Pemerintah Desa (pemdes), Badan Permusyawaratan Desa (BPD) serta Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM),” tuturnya.

Dengan demikian, sambung Agung mampu membangun kesepahaman tentang kepentingan dan kemajuan desa dengan cara menggali potensi dari sumber-sumber pembangunan dengan memaksimalkan partisipasi masyarakat serta ketersediaan anggaran yang ada.

Baca Juga :  Dua Kampung di Rumpin Kesulitan Air Bersih

Di tempat yang sama, Kepala Seksi Pemerintahan Kecamatan Jasinga, Nunang mengucapkan rasa syukur atas suksesnya kegiatan musrenbang yang sesuai dengan alur dan ketentuan. Dimana,  musyawarah tersebut dimulai dari tingkat dusun yang kemudian diusulkan ke musrenbang tingkat Desa.

“Di Musrenbangdes ini, masyarakat sendiri memilih pembangunan yang jadi prioritas untuk pembangunan pada 2022 nanti” imbuhnya.

Untuk diketahui, pelaksanaan Musrenbangdes tersebut dihadiri oleh berbagai elemen dan unsur masyarakat seperti Camat Jasinga yang di wakili Kasipem, BPD, Pemdes, Tenaga Pendamping Desa, LPM, Perangkat desa, Karangtaruna, BUMDes, dan PKK. (Didin/CR).