BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Menurut Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992, salah satu fungsi dan peran koperasi adalah untuk membangun dan mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota koperasi dan masyarakat secara umum untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan social.

“Selain itu, koperasi juga memiliki peran aktif dalam meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat,” tutur Dedi Ahmadi, Ketua Koperasi Rancage mitra Indocement dalam pemaparannya saat pelatihan virtual, beberapa waktu lalu.

Menurut dia, Indocement juga memandang koperasi sebagai sarana untuk mendorong kemandirian masyarakat desa mitra Indocement, melalui koperasi diharapkan masyarakat bisa mengembangkan beragam jenis usaha yang berkelanjutan sehingga mampu menompang perekonomian di desa mitra.

Baca Juga :  JANGAN LUPAKAN ADAB SAAT PEMBELAJARAN TATAP MUKA

“Itulah tujuan diselenggarakannya pelatihan virtual dengan tema Local Hero
Indocement berbagi Pengalaman Sukses Dalam Meraih Peluang Usaha,” kata dia.

Sekedar informasi, Dedi merupakan Local Hero Indocement, dirinya telah berkiprah di dunia koperasi dan berpengalaman untuk meraih beragam peluang usaha diberbagai bidang untuk Koperasi Rancage.

Pelatihan virtual ini diikuti dua puluh peserta yang berasal dari lima koperasi mitra
Indocement dari wilayah Bogor, Banten, Bandung dan Cirebon. Kelima koperasi itu yakni Koperasi Serba Usaha Rancage Citeureup, Bogor, Koperasi Sawargi Sadaya 45 di Citeureup, Bogor, Koperasi Biwara (Bhakti Wanita Randakari) di Cilegon, Koperasi Gapoktan Karya Tani di Cimareme, Bandung dan Koperasi Batik Ciwaringin di Cirebon.

Baca Juga :  Mural Dihapus, Poster Sindir Pemerintah Muncul

“Saya berharap setelah mengikuti pelatihan virtual ini anggota koperasi bisa mengetahui cara terbaik untuk mengembangkan usaha koperasi, memenangkan persaingan usaha, dan menjadi koperasi yang mandiri dan tangguh,” pungkasnya. (Iman R Hakim)