BOGOR TODAY – Guna melestarikan dan mengangkat budaya Sunda yang semakin tersisih dengan perkembangan teknologi dan maraknya dunia media sosial (medsos), Pemerintah Desa (pemdes) Pangradin, Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor mengajak generasi milenial untuk mencintai seni budaya bela diri pencak silat.

Kepala Desa Pangradin, Deni Setiabudi menyebut momen itu merupakan rangkaian menyambut Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 76 tahun.

“Momen ini untuk menggenjot wawasan kebangsaan serta kecintaan masyarakat hususnya generasi milenial untuk lebih mencintai seni dan budaya yang ada di desa Pangradin,”sebut Deni, Minggu (1/8/2021).

Baca Juga :  BPBD Kabupaten Bogor Keluarkan Peringatan Cuaca Ekstrim

Pria yang akrab disapa Jari Edo itu menambahkan selain memperkenalkan seni budaya, pihaknya juga mengatakan bahwa Desa Pangradin menggelar kompetisi sepak bola antar Rukun Tetangga (RT).

“Untuk kompetisi sepak bola ini memang rutin kami lakukan setiap tahunnnya. Kali ini melibatkan 13 RT yang berada di Desa Pangradin dan dibuka dengan atraksi pencak silat,” terangnya.

Dengan dibukanya atraksi pencak silat ini, sambung Deni dapat memajukan pemuda pemudi yang berada di Desa Pangradin agar lebih mengenal dan mencintai Budaya.

Baca Juga :  Penyalahgunaan Narkotika di Bogor Menjadi Bom Waktu, Ini Penjelasan LIPI

Sementara, Pimpinan Perguruan Silat Medal Cahaya Keturunan, Abah Topik mengucapkan rasa syukur atas kesempatan yang diberikan oleh kepala desa serta panitia pelaksana acara, karena para penggiat seni budaya dan tradisi asli dari Pangradin dilibatkan dalam kegiatan.

“Kami berharap kepada pemerintah yang lebih tinggi dari Pemerintahan Desa (Pemdes) atau lembaga terkait untuk memberikan perhatian lebih kepada kami para penggiat budaya dan seni tradisi agar semua ini tidak hilang seiring kemajuan zaman.” pungkasnya. (Didin/CR).