BOGOR TODAY – Sejumlah masyarakat di Desa Kalongsawah, RT01/04, Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor mendapat edukasi terkait daur ulang sampah dalam program Kampung Ramah Lingkungan (KRL), Minggu (1/8/2021).

Atang Senjaya, selaku perwakilan Koordinator DLH Kabupaten Bogor Wilayah Barat menuturkan dengan berjalannya program tersebut dirinya sangat mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi DLH Kabupaten Bogor itu.

“Kami sangat mengapresiasi antusias masyarakat yang hadir dalam acara sosialisasi program KRL ini,” Tutur Atang.

Selain masyarakat, sambung Atang turut hadir para stakeholder wilayah setempat. Seperti dari pihak pemerintahan desa (pemdes) dan juga kecamatan yang masuk dalam liding Seksi Ekonomi Dan Pembangunan (Ekbang).

Baca Juga :  Perangi Berita Hoaks, Ridwan Kamil Siap Bantu Percepatan Sertifikasi Wartawan

“Selain didukung tokoh masyarakat, juga didorong karang taruna juga komunitas dan organisasi kepemudaan lainnya. Ini sangat penting. Sebab tidak ada program yang bisa berjalan tanpa adanya kesadaran bersama,” ungkapnya.

Dilokasi yang sama, Ahyani Ketua kelompok tani setempat mengucapkan rasa syukur dengan adanya sosialisasi tersebut.”

Alhamdulillah kami sangat bersyukur adanya acara sosialisasi ini karena sangat bermanfaat bagi kami ingin maju tapi masih minim pengetahuan.”ucapnya.

Untuk diketahui, Kampung Ramah Lingkungan (KRL) adalah sebuah program pemeliharaan lingkungan yang di lakukan oleh pemerintah Kabupaten Bogor kepada pemerintahan daerah yang tadinya kumuh dan kotor menjadi daerah yang bersih dan hijau.

Baca Juga :  Pesawat Rimbun Air Papua Dikabarkan Hilang Kontak

Dengan tujuan untuk mendorong pemerintah daerah (Pemda), dunia usaha dan masyarakat setempat untuk memahami permasalahan lingkungan dan dampaknya, serta melakukan tindakan nyata secara proaktif yang berkontribusi kepada upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

Seperti, pengendalian kekeringan, banjir dan longsor melalui kegiatan penghijauan, pengelolaan sampah dan pembuatan lubang biopori. Lalu penyediaan bank sampah dan kreasi sampah daur ulang.

Selain itu, masyarakat juga diberikan pelatihan tentang penyediaan tanaman vertikultur dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumah demi terciptanya Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL).
(Didin/CR)