BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Pandemi COVID-19 yang hampir dua tahun terjadi di Indonesia betul-betul membuat semua bidang dan kegiatan kreativitas warga terdampak. Namun, dengan landainya kasus Covid-19 khususnya di Kabupaten Bogor kini mulai kembali normal, seperti halnya aktivitas di Desa Sukadamai, Kecamatan Dramaga.

Wilayah yang berada di perbatasan dengan Kecamatan Ciomas dan Tamansari itu kini mulai membangkitkan warganya untuk menunjukkan kreativitasnya di bidang UMKM, yaitu membuat pakaian busana muslim dan anak-anak.

Menurut Sekretaris Desa Sukadamai, Devi Kurniawan, memang kondisi pandemi ini menghambat hampir seluruh kegiatan Desa, baik itu infrastruktur maupun kegiatan lainnya. Namun demikian, saat ini kegiatan masyarakat khususnya di bidang UMKM sudah mulai kembali dilakukan, salah satunya pelatihan warga dalam merancang busana.

BACA JUGA :  Hidangan Kreasi yang Lezat dengan Brownies Kurma Kukus

“Memang pandemi covid ini menghambat berbagai kegiatan di tingkat Desa, misalnya saja pelatihan membuat busana yang mengharuskan dilakukan secara bergiliran hingga 3 bulan. Meski begitu, ibu-ibu yang ikut pelatihan terlihat begitu antusias sehingga bisa menghasilkan busana muslim yang kedepannya bisa menjadi PAD,” kata Devi yang juga menjabat Pengawas BUMDes Sukadamai.

Lanjut Devi, bahwa pelatihan yang dilakukan oleh pemerintah desa ini bagian dari program BUMDes, di dalam meningkatkan sumber daya masyarakat. Kemudian, pelatihan ini juga bekerja sama dengan Asosiasi Pengurus Wanita Mandiri Indonesia (APWMI).

BACA JUGA :  Pisang Kuah Santan yang Lezat untuk Takjil Praktis di Tanggl Tua

“Saat ini para peserta sebanyak 70 orang itu akan dinilai oleh APWMI yang kemudian akan ditindaklanjuti untuk dijadikan pelaku usaha baru di desa kami. Kemudian, kami juga tentunya bertanggung jawab dalam membantu memasarkan produk tersebut ke lebih luas lagi. Kita akan terus bina mereka,” ucapnya.

============================================================
============================================================
============================================================