Oleh : Heru B Setyawan (Pemerhati Pendidikan)

PEMERINTAH meluncurkan logo HUT RI ke-76 pada 2 Agustus 2021. Penampakan dari logo berlatar belakang merah dengan tulisan angka 76th disampingnya tertulis ‘Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh’. Tulisan tersebut menjadi tema perayaan HUT RI ke-76.

Dikutib dari situs Sekretariat Negara tema tersebut mendeskripsikan nilai-nilai ketangguhan, semangat pantang menyerah untuk terus maju bersama dalam menempuh jalan penuh tantangan, agar dapat mencapai masa depan yang lebih baik.

Deksripsi tersebut digambarkan dalam komposisi dinamis antar bentuk geometris sederhana, namun kokoh, dan dalam perpaduannya bergeliat dengan energi yang lincah. Di dalam logo angka ’76’ juga memiliki empat makna filosofi yang terkandung di dalamnya, yaitu:

BACA JUGA :  Resep Membuat Tumis Tahu Kuning dan Tauge, Lauk Praktis dan Sederhana di Tanggal Tua

1. Stabilitas dan Pembangunan. Bentuk angka ‘7’ diasosiasikan sebagai bagian dari ‘tiang pancang’ infrastruktur yang sedang dicanangkan oleh pemerintah untuk mendukung percepatan perekenomian Indonesia.

Menurut penulis kurang tepat infrastruktur yang sedang dicanangkan oleh pemerintah untuk mendukung percepatan perekenomian Indonesia, harusnya untuk skala prioritas adalah menangani pandemi Covid yang masih berlangsung.

Pemerintah sejak awal kurang serius dan abai dalam menangani pandemi Covid 19, terbukti sampai sekarang yang terkena positif Covid 19 dan yang wafat masih tinggi. Sedari dulu pemerintah disuruh lockdown, tapi tidak mau, malah membuat PSBB dan PPKM.

Menurut Direktur Political and Public Policy Studies (P3S), Jerry Massie gelontoran dana untuk penanganan Covid-19 yang sudah menghabiskan Rp 1.000 triliun lebih, sementara hasilnya Indonesia masih jalan di tempat bahkan terbilang mundur dalam beberapa pekan terakhir.

BACA JUGA :  Jaga Kadar Gula Darah dengan 5 Kebiasaan Pagi yang Penting Ini

“Kita masuk terburuk di dunia atau rangking 1 dengan jumlah tertular di atas 50 ribu. Dan saat ini sudah mendekati 4 dunia juga untuk kategori terpapar virus,” urai Jerry.

Bentuk angka ‘7’ melambangkan ‘kepala garuda’ yang berarti Pancasila yang menjadi landasan berbangsa dan bernegara. Salah besar Pancasila belum diamalkan dengan baik oleh masyarakat Indonesia, terutama oleh para pemimpin.

============================================================
============================================================
============================================================