Tim SAR melakukan penyelaman mencari dua penumpang KMP Pengayoman yang tenggelam. Foto: Dok. Istimewa

BOGOR-TODAY.COM, CILACAP2 petugas lembaga pemasyarakatan (Lapas) Nusakambangan tewas akibat tenggelamnya Kapal Motor Penumpang (KMP) Pengayoman di perairan Nusakambanganc Cilacap, Jawa Tengah, Jumat (17/0/2021).

Kabag Humas dan Protokol Ditjen PAS Kemenkumham, Rika Aprianti menyebut hasil evakuasi sementara ada 6 orang yang dievakuasi 4 orang selamat, lalu dua lainnya meninggal dunia.

2 orang meninggal, petugas lapas dan pekerja proyek,” ujar Rika, kepada cnnindoensia.com.

Menurut Rika peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 09.00 WIB. Saat itu, kapal pengayoman IV berangkat dari dermaga Wijayapura menuju dermaga Sodong mengangkut dua truk proyek dan beberapa petugas.

BACA JUGA :  Tes Kepribadian: Sifat dan Karakter Tersembunyi Seseorang Diungkap dari Bentuk Kaki

Namun, saat sudah berada di tengah perjalanan, kapal mulai oleng lantaran angin kencang dan ombak yang besar dan kuat. Hingga akhirnya kapal terbawa arus menuju ke tengah selat dan tenggelam.

Saat berita ini ditulis, Sekretaris Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Heni Yuwono tengah menuju Nusakambangan guna melakukan koordinasi dan monitor pelaksanaan penanganan dengan Kepala Kantor Wilayah Jawa Tengah.

Sesuai dengan laporan awal Kalapas 1 Batu NK, sambung Rika langkah-langkah yang telah diambil yakni, mengerahkan kapal pengayoman dan compreng untuk membantu evakuasi, berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk membantu evakuasi dan pertolongan.

BACA JUGA :  Bima Arya Titip Pesan Ini ke Tokoh Lintas Agama Saat Open House

Sebelumnya, Kapal Motor Penumpang (KMP) Pengayoman mengalami kecelakaan di perairan Nusakambangan Cilacap, Jawa Tengah, diabadikan berupa video dan beredar luas di media sosial. Dalam video singkat itu, perekam menyebutkan bahwa posisi kapal dalam kondisi terguling.

“Terjadi kecelakaan laut kapal penyeberangan, terdapat beberapa truk di dalamnya, kapal masih terpelungkup. Ini rescue sudah mulai berdatangan,” kata orang yang merekam video tersebut.(net)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================