3 Tahun Menggeluti Kerajinan Kayu, Pria 27 Tahun Ini Mampu Ciptakan Lapangan Kerja

Muhamad Eldiana (27) pria asal Desa Kalong Sawah, Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor menunjukan hasil karyanya kepada bogor-today.com, Sabu (18/9/2021). Foto : Didin/CR

BOGOR-TODAY.COM, BOGORMenggeluti usaha kerajinan berbahan dasar kayu kurang lebih 3 tahun, membuat Muhamad Eldiana (27) pria asal Desa Kalong Sawah, Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor mampu memperdayakan warga sekitar untuk menopang ekonomi mereka. Produk yang dibuatnya pun beragam, antara lain rak bumbu, meja belajar, kursi, rak bunga dan lainnya. Eldiana menjualnya secara online.

Dirinya menceritakan, usaha yang didirikannya itu berawal saat dirinya bekerja sebagai reseller kosmetik dan parfum (minyak wangi) yang saat itu memiliki omzet hingga ratusan juta lebih.

Baca Juga :  Kisah Mistis Tukang Becak Mendapat Penumpang Wanita, Endingnya Bikin Jantung Copot

Berbekal pengalaman itulah ia memutuskan mulai membuat inovasi baru, terlebih banyak warga sekitarnya mengeluhkan persoalan ekonomi. Keluhan itulah yang membuat kuat untuk menciptakan lapangan kerja.

“Omzet perbulannya enggak tentu, kalau lagi ada even pemasukan juga lumayan. Untuk bahan dasarnya terkadang beli, tapi juga memanfaatkan limbah di sekitar,” terangnya kepada bogor-today.com, Sabtu (18/9/2021).

Baca Juga :  Warga Rusunawa Kota Bogor, Kini Bayar Sewa Lewat SIPACAR

Kendati demikian, dirinya mampu mengembangkam usahanya itu lebih maju dan berkembang bahkan hingga skala industri besar, namun ia mengaku terkendala dukungan dari pemerintah desa. “Jangankan bantuan, perhatian juga minim,” ujarnya.