BOGOR-TODAY. COM, BOGOR – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor mencatat sejumlah rumah dan infrastrukur di empat kecamatan di Kabupaten Bogor rusak dampak dari luapan sungai Cidurian yang terjadi pada Senin (6/9/2021) petang.

Informasi yang diterima bogor-today.com, Selasa (7/9/2021), empat kecamatan tersebut yakni, Cigudeg, Nanggung, Jasinga, dan Sukajaya. Tak hanya itu, puluhan santri di pondok pesantren (ponpes) Darussalam terisolasi lantaran jembatan utama yang membentang di atas sungai Cidurian rusak diterjang banjir.

Baca Juga :  ITB VINUS Sambangi DPRD Sampaikan Pengembangan SDM Berbasis Pendidikan

Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Kabupaten Bogor, Adam Hamdani merinci di Kecamatan Nanggung atau tepatnya di Desa Malasari jalan sepanjang delapan meter mengalami longsor. Lalu, di Kampung Cigowong, Desa Sukamaju, Kecamatan Cigudeg, jembatan bambu hanyut terbawa derasnya arus banjir.

Di lokasi lain, banjir juga mengakibatkan jembatan penghubung Desa Urug, Kecamatan Sukajaya dengan Desa Nanggung, Kecamatan Nanggung turut terseret.

Baca Juga :  Delapan Buah Celurit dan Stik Golf Disita Dari Lima Oknum Pelajar 'Badung'

Demikian pula dengan jembatan menuju Pondok Pesantren Darussalam, Desa Kalong Sawah, Kecamatan Jasinga dan jembatan Citalahab, Desa Malasari, Kecamatan Nanggung rusak berat.

Adam menyebut data tersebut merupakan laporan kaji cepat dan masih bisa berubah.

“Data sementara tercatat penghuni 10 rumah di bantaran Sungai Cidurian yang berlokasi di Desa Nanggung, Kecamatan Nanggung, terpaksa diungsikan,” kata Adam. (B. Supriyadi).