Banjir Gunung Mas Kalimantan
Banjir Gunung Mas Kalimantan Tengah.

BOGOR-TODAY.COM, GUNUNG MAS – Sebanyak 3.642 rumah di Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah terendam banjir setelah diguyur hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi selama beberapa hari kebelakang. Banjir juga mengakibatkan kurang lebih 3.685 kepala keluarga atau 13.638 jiwa terdampak.

Melansir cnnindonesia.com, Sabtu (25/9/2021) malam, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Tengah mencatat terdapat 12 kecamatan di Kabupaten Gunung Mas yang terdampak banjir, yaitu Kurun, Tewah, Mihing Raya, Sepang, Rungan Hulu, Rungan, Rungan Bara, Manuhing, Manuhing Raya, Kahayan Hulu Utara, Damang Batu, dan Miri Minasa.

BACA JUGA :  Labu Siam Ternyata Punya 12 Manfaat untuk Kesehatan, Simak Berikut Ini

Saat ini daerah yang masih terendam banjir adalah Kecamatan Rungan Hulu, akan tetapi kondisi air sudah mulai surut. Status tanggap darurat banjir yang berlaku sejak 16 September diperpanjang sampai 30 September 2020.

Pihak BPBD Kabupaten Gunung Mas telah menyalurkan bantuan sosial di Kelurahan Teweh berupa 7.250 kilogram beras.

Berdasarakan informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang berlaku sejak 1 hingga 2 September 2021, Kalimantan Tengah berstatus waspada terdampak hujan lebat hingga menyebabkan banjir bandang.

BACA JUGA :  Cek Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Kamis 18 April 2024

BPBD Provinsi Kalimantan Tengah telah meneruskan informasi peringatan dini tersebut kepada BPBD kabupaten atau kota untuk selanjutnya disampaikan kepada pihak terkait masyarakat agar waspada terhadap ancaman bencana hydrometeorologi.

BNPB juga menghimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi cuaca ekstrem di masa peralihan (pancaroba) dari musim kemarau ke musim hujan, potensi angin kencang, hujan deras dalam waktu singkat, puting beliung serta potensi cuaca yang memicu terjadinya bahaya hidrometeorologi. (net)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================