Oleh : Heru B Setyawan (Guru SMA Pesat School Of Talent)

SEBANYAK 80 persen sekolah tingkat SD, SMP, dan SMA di Kabupaten Bogor, Jawa Barat tercatat sudah menggelar Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Ada beberapa yang uji coba dan sebagian sudah berjalan. Rata-rata sudah melaksanakan PTM 80 %, sedangkan 20 % lagi dalam tahap persiapan, itu kata Bupati Bogor Ade Yasin.

Masih kata Ade Yasin, untuk bisa melaksanakan PTM ini tidak main-main melainkan dilakukan dengan proses yang sangat ketat. Di mana, penerapan protokol kesehatan merupakan aspek utama.

Berkaitan dengan syarat penerapan prokes ketat tertuang dalam aturan yang telah disepakati oleh Koordinator Pelayan Pendidikan, guru, kasek, dan stakeholder pendidikan.

BACA JUGA :  Menu Makan Siang dengan Cumi Bakar Bumbu Nanas dengan Bumbu Asam Segar yang Meresap

Penulis sebagai salah satu guru di SMA merasakan banyak manfaat yang kita dapat dari PTM yaitu, adanya semangat baru dan seperti jadi guru baru lagi karena selama ini kita melakukan pembelajaran secara online, dengan memakai aplikasi zoom atau google classroom.Jelas berbeda langit dengan bumi belajar secara DARING dengan PTM.

DARING adalah akronim dari dalam jaringan. Artinya, terhubung melalui jejaring komputer, internet, dan sebagainya. Merinci kegiatan-kegiatan daring di antaranya, webinar, kelas online, KKN online, hingga kuliah online.

BACA JUGA :  Resep Rendang Kentang untuk Menu Makan Bareng Keluarga Dijamin Bikin Nagih

Seluruh kegiatan dilakukan menggunakan jaringan internet dan komputer, bisa dengan zoom, google classroom dan lain-lain.

Suasananya sungguh berbeda, antara DARING dengan PTM, sensasinya jelas berbeda, mudahnya nonton sepak bola di televisi dengan nonton langsung di lapangan jelas beda jauh bro. Ya lebih menyenangkan bertemu anak-anak di kelas dari pada di bertemu lewat zoom dan google classroom.

Apalagi untuk mata pelajaran yang sulit seperti matematika, fisika, kimia, akuntansi dan hafalan Al Qur’an, dengan PTM maka murid bisa leluasa bertanya materi yang belum paham sewaktu belajar online.

============================================================
============================================================
============================================================