BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Puluhan Sketcher yang tergabung dalam komunitas Bogor Sketcher menggelar kegiatan menggambar di bantaran Sungai Ciliwung yang terletak di kawasan Kecamatan Tanah Sareal, Kebon Kelapa, Kota Bogor, dengan tema Ciliwung Rhapsody, Minggu (12/9/2021).

Kegiatan tersebut merupakan sebuah misi untuk merekam Ciliwung yang nantinya hasil gambar atau sketch yang mereka buat akan dikolaborasikan dengan komunitas Sketcher Jakarta untuk dijadikan sebuah buku tentang Ciliwung.

“Buku itu nantinya akan dibuat versi cerita rakyat entah itu hal mistisnya atau banjirnya maupun tentang hal lainnya,” kata Agus Rhamdani, ketua Bogor Sketcher.

Baca Juga :  Mural Dihapus, Poster Sindir Pemerintah Muncul

Dirinya beralasan, dipilihnya spot atau tempat di kawasan itu lantaran mudah dijangkau dan tidak banyak mengundang masyarakat untuk berkumpul. Selain itu, terdapat beberapa potensi yang dapat digali lebih dalam, seperti dari kisah daerah itu atau perekonomiannya. Jadi, kata dia sangat sulit jika berkunjung ke suatu tempat tanpa menghasilkan cerita.

“Jadi ini adalah merekam situasi dan kondisi Ciliwung di Bogor. Dimana ternyata setiap tempat yang kita singgahi itu memiliki cerita berbeda beda,” kata Agus

Baca Juga :  Tiga Awak Pesawat Rimbun Air Ditemukan Dalam Kondisi Tak Bernyawa

Jika di Bogor sambung Agus, Ciliwung masih bisa dijadikan teman, artinya banyak sumber daya alam seperti batu dan pasir yang dapat dimanfaatkan warga sekitar untuk pendapatan ekonomi mereka serta bisa dijadikan tempat berkumpul sosial akhirnya bisa disulap menjadi destinasi wisata.

Namun sangat berbeda jika saat memasuki Ciliwung wilayah Depok hingga Jakarta yang kerap dipenuhi konflik sosial sehingga mengakibatkan bencana banjir. (B. Supriyadi)