BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Sekelompok pemuda di jalan Cemplang Baru, RT.01/11, Cilendek Baru, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor dirikan ruang membaca aksara (rumaksa). Hal itu dilakukan karena prihatin atas kondisi pandemi yang mengharuskan siswa belajar secara daring.

Perpustakaan yang dibangun sejak dua bulan lalu atau tepatnya 1 Agustus 2021 itu didirikan di atas lahan sanitasi masyarakat (sanimas). Selain untuk meningkatkan minat baca, juga sekaligus menjadi tempat belajar bagi anak-anak yang kesulitan membaca dan berhitung selama sekolah.

BACA JUGA :  7 Manfaat Seledri Untuk Kesehatan, yang Terakhir Dicari-cari

Amrusalam sebagai tenaga pendidik sekaligus pendiri di Rumaksa tersebut menceritakan ide mendirikan perpustakaan itu berawal dari sebuah obrolan santai. Selain itu, mereka juga melihat fasiltas Sanimas yang hanya dijadikan tempat bermain anak-anak sekitar.

“Awalnya dari lagi ngumpul-ngumpul gitu, terus ada salah satu teman yang juga pendiri Rumaksa mengusulkan untuk membangun perpustakaan dan ide itu juga disambut baik oleh anak-anak juga masyarakat sekitar,” ungkapnya, Minggu (12/9/2021).

Selain belajar di tempat, juga ada beberapa kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan minat belajar dan kreativitas anak-anak dimasa pandemi yaitu mengedukasi anak-anak untuk menjaga lingkungan tetap bersih melalui kebiasaan membuang sampah pada tempatnya, pengenalan alam seperti bercocok tanam dan mengenalkan permainan tradisional yang saat ini sudah terkikis zaman.

BACA JUGA :  Wakil Wali Kota Bogor Hadiri Halalbihalal di Gedung Sate

“Kalau untuk materi, biasanya kita mengikuti anak-anak saja, ada yang ingin belajar pelajaran formal dan tak sedikit anak-anak ingin belajar di luar ruangan seperti mengenalkan lingkungan juga,” katanya.

============================================================
============================================================
============================================================