BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Sekelompok pemuda di jalan Cemplang Baru, RT.01/11, Cilendek Baru, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor dirikan ruang membaca aksara (rumaksa). Hal itu dilakukan karena prihatin atas kondisi pandemi yang mengharuskan siswa belajar secara daring.

Perpustakaan yang dibangun sejak dua bulan lalu atau tepatnya 1 Agustus 2021 itu didirikan di atas lahan sanitasi masyarakat (sanimas). Selain untuk meningkatkan minat baca, juga sekaligus menjadi tempat belajar bagi anak-anak yang kesulitan membaca dan berhitung selama sekolah.

Amrusalam sebagai tenaga pendidik sekaligus pendiri di Rumaksa tersebut menceritakan ide mendirikan perpustakaan itu berawal dari sebuah obrolan santai. Selain itu, mereka juga melihat fasiltas Sanimas yang hanya dijadikan tempat bermain anak-anak sekitar.

“Awalnya dari lagi ngumpul-ngumpul gitu, terus ada salah satu teman yang juga pendiri Rumaksa mengusulkan untuk membangun perpustakaan dan ide itu juga disambut baik oleh anak-anak juga masyarakat sekitar,” ungkapnya, Minggu (12/9/2021).

Baca Juga :  GM FKPPI Kota Bogor Gelar Vaksinasi Dosis Kedua

Selain belajar di tempat, juga ada beberapa kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan minat belajar dan kreativitas anak-anak dimasa pandemi yaitu mengedukasi anak-anak untuk menjaga lingkungan tetap bersih melalui kebiasaan membuang sampah pada tempatnya, pengenalan alam seperti bercocok tanam dan mengenalkan permainan tradisional yang saat ini sudah terkikis zaman.

“Kalau untuk materi, biasanya kita mengikuti anak-anak saja, ada yang ingin belajar pelajaran formal dan tak sedikit anak-anak ingin belajar di luar ruangan seperti mengenalkan lingkungan juga,” katanya.

Selama ini, kata dia mereka terkendala peralatan dan kesulitan mengikuti pelajaran secara daring dengab berbagai alasan, mulai dari jaingan internet dan sebagainya.

Baca Juga :  Bau Busuk Agenda Kecurangan Tercium, Muscam PK KNPI Nanggung Ricuh

Dengan adanya ruang membaca tersebut membuat anak-anak senang bisa belajar kembali bersama teman-temannya. Mereka bisa membaca dan berhitung.

“Untuk usianya mulai dari TK sampai SMP,” tuturnya.

Dikatakannya taman membaca itu dibuka setiap hari khusus pada sore hari dan kegiatan dimulai pada pukul 15.00 WIB.

Di akuinya ruang membaca aksara saat ini masih terkendala peralatan, seperti meja belajar, rak buku juga masih membutuhkan donasi buku untuk anak-anak.

“Untuk donasi buku bisa langsung datang ke sini di jalan Cemplang Baru, RT.01/11, Cilendek Baru, Kecamatan Bogor Barat. Dan jika ingin lihat profil tersedia jua di Instagram @perpustakaan.rumaksa,” tutupnya. (B. Supriyadi)