13 Penyebab Rambut Rontok
13 Penyebab Rambut Rontok, Nomor Terakhir Harus Diwaspadai. Foto : Ilustrasi.

BOGOR-TODAY.COM13 penyebab rambut rontok harus diwaspadai para pria maupun wanita. Data yang diperoleh dari americanhairloss.org mencatat bahwa sebanyak 40 persen wanita mengalami kerontokan saat usia 50 tahun.

Secara normal, manusia akan kehilangan 100 rambut per hari. Namun, bila rambut rontok lebih dari jumlah tersebut dalam sehari, bisa jadi ada masalah.

Berikut 13 faktor yang menjadi penyebab rambut rontok pada wanita seperti dilansir klikdokter.com

1. Selalu Mengikat Rambut

Entah karena gerah atau sekadar ingin menguncir rambut, rambut yang sering diikat dapat menjadi salah satu penyebab kerontokan pada wanita. Terutama bila Anda hampir selalu mengikat rambut setiap hari, bahkan hingga tidur.

Selain itu, mengikat rambut dapat menyakiti rambut. Kulit kepala pun ikut tertarik saat rambut diikat.

BACA JUGA :  Lontong Tetap Segar dan Awet Hingga 2 Hari, Ini Dia Rahasianya

Kebiasaan tersebut memberikan tekanan berlebih pada folikel rambut. Akibatnya, folikel rambut akan melemah secara permanen dan membuat rambut sulit tumbuh kembali. Kondisi ini disebut traction alopecia atau kebotakan.

2. Stres

Tahukah Anda bahwa stres psikologis juga dapat berpengaruh pada siklus rambut? Hal ini karena stres dapat memicu perubahan hormon yang berperan dalam siklus rambut.

Selain itu, stres juga mencetuskan produksi kortisol (hormon stres) dan dapat menimbulkan masalah pada kulit, termasuk kulit kepala. Inilah yang kemudian menjadi penyebab rambut rontok berlebihan pada wanita.

3. Hair Styling

Tindakan memanipulasi rambut atau hair styling seperti menggunakan pengering rambut, alat catok, hingga pengeriting rambut dapat mengancam kekuatan rambut sehingga menjadi salah satu penyebab rambut rontok pada wanita.

BACA JUGA :  Kalap Makan Daging saat Lebaran, Coba 5 Makanan Ini yang Bisa Menurunkan Darah Tinggi

Berbagai metode hair styling tersebut dapat merusak ikatan hidrogen di rambut yang tugasnya adalah menjaga kelembapan.

4. Melewatkan Kondisioner

Kondisioner adalah produk perawatan yang sama pentingnya dengan sampo. Fungsi kondisioner adalah untuk mengembalikan kelembapan rambut setelah dibersihkan menggunakan sampo.

Jika Anda ingin menghindari lepek, gunakan kondisioner pada pertengahan batang rambut hingga ujung rambut, diamkan selama beberapa menit, kemudian bilas.

5. Sarung Bantal

Penggunaan sarung bantal dengan bahan yang kasar dapat menjadi salah satu penyebab rambut rontok pada wanita.

============================================================
============================================================
============================================================