15 Oktober Diperingati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun
15 Oktober Diperingati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun. Foto : Ilustrasi cuci tangan.

BOGOR-TODAY.COM15 Oktober diperingati sebagai Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia, atau disebut juga Global Handwashing Day. Sejarahnya ada peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun ini yaitu bukan hanya karena virus corona, melainkan karena penyakit lainnya.

Melansir kepriprov.go.id, Jumat (15/10/2021).  Pada Agustus 2008 di Pekan Air Dunia (Annual World Water Week) tahunan di Stockholm, Swedia, Hari Mencuci Tangan Sedunia diprakarsai oleh Kemitraan Cuci Tangan Global (Global Handwashing Partnership (GHP)  pada Artinya, Hari Mencuci Tangan Sedunia yang pertama berlangsung pada 15 Oktober 2008. Tanggal tersebut ditetapkan oleh Sidang Umum PBB.

Baca Juga :  Forum Ekonomi Kreatif Kota Bogor Dilantik, Bangun Karakter Anak Muda Masa Depan

Hal yang melatarbelakangi ditetapkannya Hari Mencuci Tangan Sedunia dimulai untuk mengurangi angka kematian anak dan penyakit pernafasan serta diare dengan memperkenalkan perubahan perilaku sederhana, seperti mencuci tangan pakai sabun.

Data saat itu menunjukan bahwa lebih dari 5.000 balita di seluruh dunia meninggal setiap harinya, karena menderita diare. Kondisi ini disebabkan oleh kurangnya akses pada air bersih.

Baca Juga :  Sentra Tanaman Hias R3 Diresmikan

Ditahun yang sama, juga merupakan Tahun Sanitasi Internasional.

Halaman:
« 1 2 | Selanjutnya › » Semua