15 Oktober Diperingati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun
15 Oktober Diperingati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun. Foto : Ilustrasi cuci tangan.

BOGOR-TODAY.COM15 Oktober diperingati sebagai Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia, atau disebut juga Global Handwashing Day. Sejarahnya ada peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun ini yaitu bukan hanya karena virus corona, melainkan karena penyakit lainnya.

Melansir kepriprov.go.id, Jumat (15/10/2021).  Pada Agustus 2008 di Pekan Air Dunia (Annual World Water Week) tahunan di Stockholm, Swedia, Hari Mencuci Tangan Sedunia diprakarsai oleh Kemitraan Cuci Tangan Global (Global Handwashing Partnership (GHP)  pada Artinya, Hari Mencuci Tangan Sedunia yang pertama berlangsung pada 15 Oktober 2008. Tanggal tersebut ditetapkan oleh Sidang Umum PBB.

Hal yang melatarbelakangi ditetapkannya Hari Mencuci Tangan Sedunia dimulai untuk mengurangi angka kematian anak dan penyakit pernafasan serta diare dengan memperkenalkan perubahan perilaku sederhana, seperti mencuci tangan pakai sabun.

Data saat itu menunjukan bahwa lebih dari 5.000 balita di seluruh dunia meninggal setiap harinya, karena menderita diare. Kondisi ini disebabkan oleh kurangnya akses pada air bersih.

Ditahun yang sama, juga merupakan Tahun Sanitasi Internasional.

Badan-badan pendiri pada tahun 2008 termasuk: FHI360 (sebuah organisasi pembangunan manusia nirlaba yang berbasis di AS), Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS, Procter & Gamble, UNICEF, Unilever, Program Air & Sanitasi Bank Dunia dan Badan Amerika Serikat untuk Pembangunan Internasional.

Sehingga, tindakan sederhana ini dapat menurunkan angka kematian akibat penyakit pernafasan hingga 25 persen.

Di seluruh dunia, lebih dari 60 persen petugas kesehatan tidak menerapkan kebersihan tangan yang benar. Sehingga pada hari tertentu, satu dari 25 pasien rumah sakit AS memiliki setidaknya satu infeksi terkait perawatan kesehatan.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS, penyedia layanan kesehatan AS, rata-rata, mencuci tangan kurang dari separuh waktu yang seharusnya.

Tema ini sebuah ajakan untuk menjadikan kebersihan tangan menjadi kenyataan bagi semua kalangan juga seiring dengan “Inisiatif Hand Hygiene for All” yang dicanangkan oleh WHO dan UNICEF.

BACA JUGA :  Sirkuit Rumpin Bakal jadi Semi Mandalika, Rampung Tahun 2025

Sementara, pandemi Covid-19 saat ini membuat kita perlu memperhatikan pentingnya kebersihan tangan dalam mencegah penularan penyakit.

Kebersihan tangan harus menjadi urusan semua orang.

Ini juga menjadi momentum untuk menjadikan kebersihan tangan sebagai andalan dalam menunjang kesehatan masyarakat di luar pandemi dan menciptakan budaya kebersihan tangan.

Kesalahan Saat Mencuci Tangan

Menurut pakar kesehatan Arefa Cassobhoy kesalahan umum yang kerap dilakukan manusia saat mencuci tangan yaitu setiap hari kita melakukan berbagai aktivitas yang melibatkan tangan. Alhasil, risiko virus bersarang di tangan kita pun juga semakin tinggi.

“Saat virus sudah mengontaminasi tangan kita, virus tersebut bisa dengan mudah berpindah ke tubuh kita melalui mulut, mata, dan hidung.Itu sebabnya, mencuci tangan adalah cara terbaik untuk mengusir virus penyebab penyakit,” tutur Arefa seperti dikutip bogor-today.com dari webmd.com

Saat ini, cuci tangan sedang digalakkan sebagai upaya pencegahan penularan virus Covid-19. Kegiatan ini menjadi bagian dari kampanye 3M, yaitu mencuci tangan, menjaga jarak, dan memaskai masker.

Namun, kampanye cuci tangan ternyata muncul bukan karena kehadiran virus Covid-19. Bahkan, ajakan cuci tangan pakai sabun sudah ada sejak beberapa tahun silam sebelum virus Covid-19 muncul di akhir tahun 2020.

Lalu, kenapa harus cuci tangan dengan menggunakan sabun?

Sebuah penelitian, kebiasaan cuci tangan dengan menggunakan sabun ternyata dapat membantu menurunkan angka kematian yang terkait dengan penyakit diare sampai hampir 50 persen.

Selain itu, cuci tangan pakai sabun juga dapat membantu upaya pencegahan terhadap berbagai penyakit yang bisa menyebabkan penurunan kualitas hidup manusia.

Bayangkan saja, tangan merupakan bagian dari tubuh manusia yang paling sering digunakan untuk menyentuh berbagai benda. Sehingga, ada sangat banyak kemungkinan bermacam virus menempel di tangan.

Dengan kebiasaan cuci tangan ini, maka secara otomatis akan membuat tangan selalu bersih. Cuci tangan pakai sabun juga akan mendorong setiap orang harus membilasnya dengan menggunakan air mengalir.

BACA JUGA :  5 Manfaat Kubis Merah untuk Kesehatan yang Jarang Orang Tahu

Selain dengan mencuci tangan, di zaman serba praktis ini menjaga kebersihan tangan juga bisa dilakukan dengan menggunakan hand sanitizer.

Dari dua cara menjaga kebersihan tangan ini, mana yang lebih baik? Manakah yang lebih efektif mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer?

Dokter spesialis anak Kanya Ayu Pramastri menjelaskan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir terbukti dapat membunuh kuman dan virus yang menempel di tangan.

“Di sabun terdapat senyawa yang saat bersentuhan dengan virus akan mengikat lemak di dinding virus sehingga virusnya menjadi hancur dan mati,” kata Kanya kepada cnnindonesia.com

Selain itu, penggunaan air juga memastikan virus yang sudah mati ikut luruh terbuang bersama air yang mengalir. Cuci tangan juga harus dilakukan dengan benar selama minimal 20 detik.

Sementara itu, Kanya menyebut tidak semua hand sanitizer efektif membunuh kuman dan virus. Hand sanitizer yang dapat membunuh kuman dan virus adalah yang berbahan dasar alkohol.

“Nomor satu harus dipastikan kalo hand sanitizer itu berbahan dasar alkohol, tidak bisa asal hand sanitizer. Harus yang sudah lolos uji bakterium sehingga bisa membunuh virus, kuman, dan bakteri,” kata Kanya.

Kanya mengungkap efektivitas mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir tidak berbeda jauh dengan hand sanitizer berbahan dasar alkohol.

Satu penelitian dari Universitas Lampung menunjukkan tidak berbeda jauh yakni 60-73 persen. Keduanya, sama-sama efektif tapi harus berbahan dasar alkohol,” kata Kanya.

Jadi, meskipun hanya perilaku sederhana, kebiasaan cuci tangan pakai sabun memiliki manfaat yang sangat luar biasa. Mari mulai dari sekarang selalu cuci tangan pakai sabun sebelum melakukan aktivitas apapun. (net)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================