Kuliner Legendaris di Bogor yang Membuat Lidah Ingin Bergoyang
Kuliner Khas Jawa Barat. Foto: Ilustrasi

BOGOR-TODAY.COM – Selain dikenal dengan destinasi wisatanya, Bogor juga terkenal dengan kulinernya yang membuat lidah ingin terus bergoyang. Beberapa kuliner bahkan sudah berdiri sejak puluhan tahun dan masih eksis sampai saat ini.

Berikut kuliner legendaris yang perlu Anda coba.

1.Cungkring

Kuliner Legendaris di Bogor yang Membuat Lidah Ingin Bergoyang
Cungkring_Kuliner Legendaris di Bogor yang Membuat Lidah Ingin Bergoyang.

Kuliner di Bogor yang legendaris yang pertama yaitu cungkring. Nama cungkring didasarkan bahan pembuat makanan ini, Cung-nya dari Cungur yang artinya bibir sapi, dan kring berasal dari garingan kaki.

Makanan yang hampir mirip dengan sate ini juga bisa disantap dengan nasi ketan putih bercampur kelapa parut, cungkring juga bisa disantap bersama tempe atau oncom goreng tepung, disajikan secara tradisional menggunakan pincuk daun pisang.

BACA JUGA :  10 Manfaat Sawi Putih Untuk Kesehatan Tubuh

Karena keunikan namanya, banyak masyarakat yang penasaran dengan makanan berbumbu kacang ini. Dengan harga yang relatif murah anda bisa menikmati cungkring lengkap dengan lontong dan tempenya.

Salah satu tempat yang menjual cungkring yang populer bertempat di Gang Aut, Jl Surya Kencana Bogor. Tempat  ini dapat dengan mudah ditemui karena berada di pinggir jalan utama. Warung ini mulai buka pukul 07.00 WIB makanan.

Salah satu penjual cungkring yang cukup terkenal di Bogor yaitu Kedai Cungkring Pak Jumad.  Berdiri sejak 1975, kedai tersebut beralamat di Jalan Suryakencana No. 285, Kota Bogor.

2. Sop Buntut

Sop buntut_Kuliner Legendaris di Bogor yang Membuat Lidah Ingin Bergoyang
Sop buntut_Kuliner Legendaris di Bogor yang Membuat Lidah Ingin Bergoyang.

Suasana Kota Bogor yang sejuk patut dinikmati dengan kuah sop lezat yang menghangatkan tubuh. Sop buntut merupakan kuliner di Bogor yang cukup terkenal dan menggugah selera.

BACA JUGA :  Pengurus BPPD Kota Bogor Dilantik, Bima Arya Beri Masukan Ini

Salah satu penjual sop buntut yang legendaris di kota Bogor yaitu sop buntut Mak Emun. Sop buntut tersebut sudah berdiri sejak 1960-an. Jika ingin mampir, Anda cukup mendatang jalan Jenderal Sudirman No. 48, Bogor Tengah, Bogor.

3. Soto Kuning

Soto kuning_Kuliner Legendaris di Bogor yang Membuat Lidah Ingin Bergoyang

Soto adalah makanan tradisional Indonesia yang memiliki ragam ciri khas di setiap daerah masing-masing. Soto juga menjadi salah satu kuliner di Bogor yang amat diminati wisatawan. Soto di Bogor yang terkenal dan legendaris adalah soto kuning.

============================================================
============================================================
============================================================