Air Hujan Ternyata Dapat Menyehatkan Loh
Ilustrasi hujan.

BOGOR-TODAY.COM7 Air hujan ternyata dapat menyehatkan loh. Namun, sebagian orang menganggap hujan dapat menghambat aktivitas sehari-hari, menimbulkan berbagai penyakit, hingga menyebabkan demam, masuk angin, dan sakit kepala.

Tidak hanya itu, banyak orang yang mengira bahwa hujan adalah air kotor karena berasal dari air laut yang menguap dan bisa saja terkontaminasi oleh sampah dan limbah.

Namun, ternyata tetesan air yang turun dari langit dalam jumlah yang banyak ini adalah air murni yang bahkan bisa lebih bersih dibandingkan dengan air dalam tanah.

Dilansir dari The International Water Association, Senin (18/10/2021) air hujan ternyata membawa senyawa polutan yang menguap dari laut dan terbawa oleh rintikan hujan saat turun ke bumi.

Namun senyawa tersebut akan hilang dengan sendirinya apabila kita menunggu 20 menit pertama hujan turun. Tidak hanya itu, selain penghilang stres, air hujan juga baik untuk kesehatan paru-paru.

Mengenal Kandungan Air Hujan

Dilansir dari Liputan6, proses terjadinya hujan dimulai dari penguapan air di laut, kondensasi menjadi awan, dan turun menjadi air hujan. Pada dasarnya kandungan air hujan berasal dari reaksi zat yang ada di atmosfer dan butiran air yang melewatinya. Beberapa kandungan zat atau bahan kimia yang terdapat pada air hujan antara lain:

Baca Juga :  Pemprov Jabar Resmi Batalkan Kenaikan UMK Bogor 2022, Bupati Ungkap Alasannya

1. Uap Air atau H2O

Uap air atau H2O adalah kandungan utama yang terdapat pada hujan dan dapat dikatakan paling dominan dengan presentase sebesar 99,9% dan sisanya tergantung pada lapisan atmosfer yang dilaluinya.

2. Karbon

Air hujan mengandung zat karbon dan zat karbon yang terdapat pada air hujan berupa silika dan juga, yang merupakan zat debu yang mengikat molekul-molekul pada air hingga terbentuklah hujan.

3. Asam Nitrat

Hujan asam biasa terjadi akibat pencemaran oleh pabrik yang kotor atau dari semburan gunung berapi. Kandungan asam nitrat yang berlebihan tidak baik dan bisa membahayakan. Biasanya kandungan asam dapat dinyatakan dalam pH. Air hujan normal memiliki pH 6, sedangkan hujan asam memiliki pH di bawah normal, yaitu di bawah 5,7. Kandungan asam yang berlebihan dapat menyebabkan besi mudah berkarat dan gangguan pernafasan pada manusia.

Baca Juga :  Menempelkan Alat Kelaminnya ke Buku Kumpulan Doa, Warga Bekasi Diamankan Polisi

4. Garam

Sumber air hujan berasal dari uapan air laut, maka tidak heran jika hujan mengandung garam. Air hujan yang mengandung banyak kandungan garam adalah hujan yang terjadi di daerah pantai. Hal ini karena proses terjadinya hujan di daerah pantai merupakan akibat dari penguapan air laut yang terpanaskan oleh sinar matahari.

5. Asam sulfat 

Kandungan lainnya yang terdapat pada air hujan adalah asam sulfat, yaitu asam mineral (zat anorganik) yang kuat. Zat ini larut dalam air dan berpenampilan seperti cairan higrokopis, berminyak, tak berwarna, dan tak berbau. Asam sulfat merupakan komponen utama hujan asam, yang terjadi karena oksidasi sulfur dioksida di atmosfer dengan keberadaan air (oksidasi asam sulfat).

Manfaat Air Hujan Bagi Kesehatan

Dilansir dari livinginwellbeing.org, air hujan adalah air terbaik dan paling murni yang bisa didapatkan. Meminum air hujan ternyata memiliki manfaat, namun tentu saja Anda perlu memahami bahwa tidak semua air hujan memiliki manfaat yang luar biasa.

Halaman:
« 1 2 | Selanjutnya › » Semua