Menariknya lagi, jembatan panjang ini dibangun dalam jangka waktu yang begitu singkat, yaitu hanya 14 bulan. Pada Oktober 2018 lalu, jembatan yang mulai dibangun sejak tahun 1955 ini menyandang gelar sebagai jembatan terpanjang di dunia yang berdiri di atas air selama 60 tahun.

5. Manchac Swamp, Amerika Serikat (36,69 kilometer)

Manchac Swamp terletak di Louisiana dan memiliki panjang sekitar 36,69 kilometer. Jembatan ini dibangun untuk menjadi penghubung antar negara bagian, yaitu jalan Interstate 55. Salah satu jembatan terpanjang di dunia ini dibangun untuk menyiasati rawa-rawa yang berada di bagian bawah jembatan dan merupakan sarang buaya. Oleh sebab itu, jika kamu harus melewati jembatan ini, disarankan untuk lebih berhati-hati.

6. Hangzhou Bay, Tiongkok (35,673 kilometer)

BACA JUGA :  Resep Membuat Soto Ayam Bening Khas Solo yang Sedap dan Nikmat, Bikin Ketagihan

Hangzhou Bay Bridge adalah jembatan trans-samudra terpanjang di dunia yang terbentang sepanjang sekitar 35,673 kilometer. Jembatan ini melintasi bagian Teluk Hangzhou di wilayah pesisir timur Tiongkok dan menghubungkan kota Jiaxing dan Ningbo di provinsi Zhejiang.

Konstruksi jembatan ini selesai pada Juni 2007 dan kemudian dibuka untuk umum pada Mei 2008. Jembatan ini memperpendek jarak tempuh jalan raya antara Ningbo dan Shanghai, dari 400 km menjadi 180 km, dan waktu tempuh yang dari 4 jam menjadi 2 jam.

7. Runyang Yangtze, Tiongkok (35,66 kilometer)

Jembatan Runyang Yangtze adalah sebuah kompleks jembatan besar yang melintasi Sungai Yangtze di Provinsi Jiangsu, Tiongkok, hilir Nanjing. Kompleks ini terdiri dari dua jembatan utama yang menghubungkan Zhenjiang di tepi selatan sungai dan Yangzhou di tepi utara. Jembatan sepanjang 35,66 kilometer ini merupakan bagian dari Jalan Tol Yangzhou – Liyang,

BACA JUGA :  Pengamen Jalanan di Cileungsi Bogor Ditemukan Tak Bernyawa

8. Bogor, Jawa Barat, Indonesia (530 meter)

Kawasan Megamendung di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Indonesia sebentar lagi akan memiliki sebuah ekowisata bernama Eiger Adventure Land (EAL) dengan sejumlah fasilitas unik, salah satunya jembatan gantung terpanjang di dunia dengan panjang 530 meter (lebih panjang 14 meter dari Arouca Bridge) dan akan membelah kaki gunung Gede Pangrango.

Lokasi ekowisata EAL sendiri berada di kaki Gunung Gede Pangrango, Desa Sukagalih, Kecamatan Megamendung. Nantinya destinasi tersebut akan menyuguhkan suasana pemandangan alam yang indah khas wisata dataran tinggi puncak. (net)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================