7 Jembatan Terpanjang di Dunia
Ekowisata Eiger Adventure Land akan dibangun di Puncak Bogor, Jawa Barat. Foto : Istimewa.

BOGOR-TODAY.COM7 jembatan terpanjang di dunia ini membuat kehidupan manusia semakin dipermudah dengan adanya teknologi yang selalu berkembang.

Bahkan, perkembangan teknologi ini juga memiliki pengaruh yang sangat besar dalam bidang infrastruktur.  Karena kecanggihan ini lah, terkadang setiap wilayah memiliki jembatan andalannya masing-masing.

Beberapa di antaranya dikenal sebagai jembatan terpanjang yang pernah ada.

Melansir traveloka.com, Minggu (24/10/2021) berikut 7 jembatan terpanjang di dunia yang kemegahan strukturnya akan membuat berdecak kagum.

1. Grand Danyang, Tiongkok (164,8 kilometer)

Grand Danyang atau Danyang Kunshan Grand Bridge merupakan jembatan terpanjang di dunia yang bahkan telah tercatat di Guinness Book of World Records. Jembatan ini terbentang sepanjang 164,8 kilometer yang digunakan sebagai penopang jalur kereta cepat yang menghubungkan antara Beijing dan Shanghai. Jembatan terpanjang di dunia ini melewati sawah, danau, dan sungai, sehingga para pengemudi yang melewatinya akan menikmati pemandangan yang indah dan begitu asri.

BACA JUGA :  Delman di Bantul Terperosok ke Parit 3 Meter, Diduga Kuda Tak Bisa Dikendalikan

2. Grand Tianjin, Tiongkok (113,7 kilometer)

Jembatan Grand Tianjin memiliki panjang sekitar 113,7 kilometer. Jembatan ini pernah tercatat sebagai jembatan terpanjang di dunia oleh Guinness World Record pada tahun 2011. Grand Tianjin merupakan penghubung antara Langfang dan Qingxian, yang merupakan bagian dari Beijing – Shanghai High-Speed Railway. Artinya, jembatan ini tak hanya dilalui oleh kendaraan roda empat dan roda dua saja, namun juga dilewati oleh kereta api.

3. Bang Na Expressway, Thailand (55 kilometer)

Bang Na Expressway merupakan jalan layang yang memiliki enam jalur dan terbentang dari Bang Na hingga Trat. Salah satu jembatan terpanjang du dunia ini memiliki panjang sekitar 55 kilometer dan pernah memegang gelar sebagai jembatan terpanjang di dunia hingga tahun 2010. Bagi warga Thailand sendiri, Bang Na Expressway merupakan suatu kebanggan, karena jembatan ini berdiri di jalur 34 yang terkenal karena kemacetannya, sehingga pembangunan jembatan ini merupakan upaya dalam mengurangi kemacetan. Terlebih lagi, Bang Na Expressway menyediakan sebanyak 12 jalur jalan tol.

BACA JUGA :  Masyarakat Diberikan Pemahaman Epilepsi Oleh RSUD Leuwiliang

Kalau kamu sedang berwisata ke Thailand, mungkin kamu bisa menyempatkan waktu untuk merasakan sensasi melewati jembatan panjang di Thailand ini.

4. Pontchartrain Causeway, Amerika Serikat (38,35 kilometer)

Jembatan yang terletak di New Orleans, Amerika Serikat ini tercatat di Guinness Book of World Records sebagai jembatan di atas air yang bertahan hingga lebih dari 10 tahun. Pontchartrain Causeway terbentang sepanjang 38,35 kilometer dan memiliki dua jembatan paralel yang menghubungkan kedua sisi Danau Pontchartrain.

============================================================
============================================================
============================================================