7 Tradisi Unik
Foto Ilustrasi: Tradisi Unik Sambut Hari Raya Idul Fitri di Berbagai Daerah.

BOGOR-TODAY.COM7 tradisi unik sambut perayaan maulid Nabi Muhammad SAW di berbagai daerah ini kerap dirayakan seluruh umat Islam setiap tanggal 12 Rabiul Awal.

Di Indonesia memaknai Maulid Nabi dilakukan dengan berbagai kegiatan tradisi dengan ciri khasnya masing-masing dari setiap daerah.

Tradisi unik memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW tersebut bahkan sudah berlangsung turun temurun di masyarakat dan dipertahankan hingga saat ini.

Merangkum dari berbagai sumber, inilah 7 tradisi unik sambut perayaan Maulid nabi Muhammad yang berlangsung di berbagai daerah di Indonesia :

BACA JUGA :  Wajib Cobain Ini! Resep Sambal Teri Cabe Hijau yang Mantul

1.Tradisi Ketuwin/ Weh-wehan (Kendal, Jawa Tengah)

Warga Kendal melakukan tradisi Ketuwin/ Weh-wehan untuk merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW, merupakan kegiatan saling memberi dan membagi makan kepada tetangga.

Menurut masyarakat Kendal, Ketuwin / Weh-wehan memiliki arti sebagai hari raya, anak-anak menggunakan baju baru dan berkeliling membagikan makanan untuk warga.

2.Ngeropok (Banten)

Di Banten ada tradisi unuk Perayaan Maulid Nabi di Banten yakni dengan cara ngeropok (rebutan) Panjang Maulud.

BACA JUGA :  Kecelakaan Motor Tercemplung ke Sungai Cilacap, Diduga Hilang Keseimbangan

Tradisi ini dilakukan dengan cara puluhan kendaraan dan gerobak hias yang diisi dengan berbagai makanan hasil bumi.

Tidak hanya makanan, ada juga pakaian, barang lainnya di arak keliling kota dan kemudian dibagikan kepada masyarkat sekitar.

3.Tradisi Maros (Kabupaten Maros, Makassar, Sulsel)

Perayaan Maulid Nabi Muhammad, di Maros terbilang unik karena warga berebut bingkisan khas Maulid yang diletakkan dalam miniatur perahu pinisi. Perahu pinisi ini juga melambangkan kebudayaan Bugis Makassar.

============================================================
============================================================
============================================================