Akhir Pekan ini Bogor
Ilustrasi cuaca

BOGOR-TODAY.COM, BOGORAkhir pekan ini Bogor diperkirakan dilanda cuaca ekstrem. Cuaca ekstrem tersebut berupa hujan deras yang disertai angin kencang dan petir.

Demikian juga dengan kawasan Puncak Bogor dan sekitarnya. Meski tidak seintens wilayah Kota Bogor dan Jabodetabek.

Dalam keterangan tertulisnya yang diterima wartawan, Selasa (19/10/2021), Kepala Stasiun Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Citeko, Fatuhri Syabani menyebut, cuaca ekstrem kerap dipicu oleh beberapa faktor dinamika atmosfer, yang kebetulan terjadi secara bersamaan. Sehingga udara di sekitar pulau Jawa bagian Barat kaya akan kandungan uap air.

BACA JUGA :  7 Makanan Sehat Ini Ternyata Akan Bantu Turunkan Gula Darah

Tak hanya itu, suhu permukaan laut sekitar pulau Jawa yang hangat, serta adanya pasokan uap air tambahan dari wilayah Samudera Hindia sebelah Barat Sumatera akibat fenomena Indian Ocean Dipolemode (IOD), serta diperkuat oleh kondisi lokal sekitar Bogor yg dikelilingi Pegunungan.

BACA JUGA :  Membuat Sambal Leunca Cabai Hijau untuk Santapan saat Makan Bareng Keluarga

“Kondisi pegunungan tersebut menyebabkan uap air berkumpul, dan ‘dipaksa’ naik secara orografis oleh ketinggian. Sehingga cepat berkondensasi menjadi awan hujan,” kata Fatuhri.

Sementara, Pelaksana tugas (plt) Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari menyebutkan bahwa akibat angin kencang di Kabupaten Bogor pada Minggu (17/10/2021), empat rumah di dua kecamatan mengalami kerusakan.

============================================================
============================================================
============================================================