Arus Lalu lintas Menuju Puncak
Kemacetan di Kawasan Puncak, meski sudah diberlakukan ganjil genap. Foto : Istimewa.

BOGOR-TODAY.COM, BOGORArus lalu lintas menuju Puncak Kabupaten Bogor terpantau mengalami peningkatan. Antrean yang mencapai 2 kilometer ini diakibatkan adanya pemeriksaan kendaraan baik roda dua maupun roda empat, serta pengecekan status vaksinasi para pelancong, Sabtu (23/10/2021).

“Kami melakukan pemeriksaan bagi kendaraan bermotor baik itu roda dua maupun empat yang mengarah ke puncak. Kendaraan sudah mulai ramai dari sejak pagi dan hari ini hanya kendaran yang berpelat nomor ganjil saja,” kata Kanit Turjawali Satlantas Polres Bogor Ipda Andrian kepada wartawan.

Kata dia, setidaknya sebesar 30 persen pengendara diputarbalikkan karena nomor kendaraan tidak sesuai dengan tanggal hari ini yaitu ganjil.

BACA JUGA :  Takjil untuk Buka Bersama dengan Sop Buah Mangga Leci yang Segar dan Enak

Rencananya, sambung Ardian, untuk mengurai volume kendaraan pihaknya akan memberlakukan sistem oneway menuju Puncak. Namun, sistem tersebut tidak sepenuhnya diterapkan hingga Tol Ciawi.

“Apabila kendaraan sudah terperiksa di Simpang Gadog itu rencana kita rekayasa prioritas arah atas namun tidak seluruhnya sampai jalur tol,” ungkapnya.

Sedangkan, untuk siang hari nanti petugas juga akan memberlakukan sistem oneway dari Puncak menuju Jakarta. Namun, sistem tersebut situasional tergantung kondisi lalu lintas di lapangan.

BACA JUGA :  Restoran Ramen Populer di Bogor, Hotmen Puaskan Selera dan Perut Para Penggemar

“Masyarakat tahunya siang kami oneway ke bawah, jadi masyarakat banyak yang berangkat pagi hari. Selepas ganjil genap sekitar 2 jam arus akan berkurang sendirinya,” tutup Ardian.

Sementara itu, pantauan di lokasi, petugas gabungan dari TNI, Polri, Satpol PP dan Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor masih menerapkan ganjil genap.

Kendaraan yang akan masuk menuju kawasan tersebur diperiksa petugas. Bagi kendaraan yang menggunakan pelat nomor tidak sesuai hari penerapan langsung diputar balikan oleh petugas. (B. Supriyadi)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================