Kabupaten Bogor
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, saat melakukan saat kegiatan Safari Baksos dan cek lokasi Pembangunan Ekowisata Eiger Adventure Land di Desa Lemah Neundeut Kecamatan Megamendung Kabupaten Bogor, Sabtu (23/10/2021). Foto : Diskominfo Kabupaten Bogor.

BOGOR-TODAY.COM, BOGORGubernur Jabar, Ridwan Kamil mengungkapkan, Ekowisata Eiger Adventure Land di Desa Lemah Neundeut, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor ini akan dibangun jembatan gantung sepanjang 530 meter.

Jembatan itu diyakini merupakan yang terpanjang di dunia setelah negara Portugal yang memiliki jembatan sepanjang 516 meter.

Sehingga akan membawa semangat indonesia, untuk berprestasi dalam segala bidang baik bidang pendidikan, olahraga, pariwisata, dan lainnya.

Terlebih, Kabupaten Bogor memiliki keindahan alam Gunung Gede Pangrango yang secara resmi dikelola PT. Eiger Adventure Land salah satu perusahaan terkemuka di Jawa Barat, dari KLHK dan juga PTPN.

“Ini perusahaan yang sangat membanggakan, bahkan tahun depan akan membuka cabang pertamanya di Eropa, pelan-pelan indonesia akan mendunia. Termasuk kopi Jawa Barat, kini sudah buka di Australia tepatnya Melbourne. Selanjutnya bersama PT. Eiger Adventure Land kita akan menguasai dunia melalui kopi,” ungkap Kang Emil sapaan akrabnya, saat kegiatan Safari Baksos dan cek lokasi Pembangunan Ekowisata Eiger Adventure Land di Desa Lemah Neundeut Kecamatan Megamendung Kabupaten Bogor, Sabtu (23/10/2021).

Ia juga berharap, langkah yang dilakukan PT. Eiger Adventure Land bisa menjadi contoh bagi pelaku-pelaku investasi pariwisata dengan menjaga keseimbangan alam, bahwa ekonomi bisa bersanding dengan baik. Kata dia, Jika alam kita hormati maka alam pun akan menghormati eksistensi manusia.

BACA JUGA :  Takjil untuk Buka Bersama dengan Sop Buah Mangga Leci yang Segar dan Enak

“Mudah-mudahan ini bisa membawa kesejahteraan masyarakat sekitar dan juga kesejahteraan Jawa Barat. Karena Jabar salah satu keunggulan ekonominya itu ada pariwisata regional, tidak hanya mengandalkan pesawat terbang. Pembangunan jembatan gantung terpanjang ini akan selesai targetnya di pertengahan 2023,” harapnya.

Untuk infrastruktur, sambungnya akan dibicarakan sesuai dengan kewenangannya jika kewenangan ada di kabupaten pihaknya akan berkoordinasi dengan Kabupaten. Jika milik Provinsi Jabar tentu bisa langsung kita kerjakan.

“Tadi saya kesini jalannya masih bolong-bolong saya kira kita perbaiki seiring waktu sehingga kesini lancar,” tegasnya.

Dirinya mengakui bahwa Provinsi Jawa Barat memiliki semuanya dengan air terjun sebanyak  700-an se-Indonesia ada sekitar curug. Tak hanya itu, kawasan alam yang indah, seperti kebun teh juga dapat menjadi magnet wisatawan.

“Makanya sekarang wisatawan tidak selalu harus ke hotel, namun bisa juga menggunakan tenda, mobil yang diubah jadi tempat tidur dan sebagainya,” jelasnya.

Ia juga menyatakan bahwa, di dalam ruang-ruang itu ada potensi olahraga ada downhill untuk bersepeda, tracking lari, maraton tidak hanya dapat dilakukan di lintasan stadion, tapi bisa melintasi alam, ada rafting, panjat tebing, yang merupakan ciri khas Jabar adalah senang berolahraga.

BACA JUGA :  Resep Membuat Botok Ayam untuk Menu Sahur dan Berbuka, Dijamin Lezat Bikin Nagih

“Mayoriatas, masyarakat Jabar Juara ini karena hobi olahraga baik sekedar kesenangan maupun prestasi,” tukasnya.

Sementara itu, chief executive officer (CEO) PT. Eigerindo Multi Produk, Ronny Lukito menjelaskan, pembangunan jembatan terpanjang di Ekowisata Eiger Adventure Land dilakukan  untuk mengenalkan dan memanfaatkan manusia kepada alam agar bisa  menghormati dan memuliakan alam sehingga akan timbul kesadaran untuk mengenal, menjaga dan merawatnya dengan sungguh – sungguh. Agar kelak anak cucu tetap bisa menikmati alam.

“Secara prosesi kami sudah melakukan peletakan batu pertama pada 17 oktober 2021 kemarin, dan hari ini merupakan ucapan syukur serta mendoakan pembangunan Eiger Adventure Land ke depannya,” kata Ronny.

Ronny berharap, Ekowisata Eiger Adventure Land ini dapat meningkatkan potensi ekonomi wisata di Indonesia khususnya Jawa Barat, baik itu kunjungan wisata domestik maupun mancanegara.

Sehingga kawasan itu dapat menjadi inspirasi dalam pengelolaan objek wisata yang selaras dengan pelestarian alam, pemberdayaan masyarakat dan peningkatan ekonomi baik secara lokal maupun nasional.

“Kami juga berharap ke depannya bisa jadi salah satu ikon nasional untuk destinasi wisata berbasis alam di Indonesia. Kawasan Ekowisata Eiger Adventure Land dapat mulai beroperasi dan dibuka untuk umum pada tahun 2023,” tukasnya.  (B. Supriyadi)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================