Hujan Mulai Sering Turun
Hujan Mulai Sering Turun di Beberapa Wilayah Indonesia, Waspada Hipotermia. Foto : Ilustrasi.

BOGOR-TODAY.COMHujan mulai sering turun di beberapa wilayah di Indonesia. Anda mungkin harus waspada beberapa penyakit yang biasanya terjadi pada saat musim hujan seperti flu, pilek, demam, atau diare. Satu kondisi lagi yang perlu diwaspadai adalah hipotermia.

Hiportermia biasanya dialami oleh pendaki gunung, tetapi ini juga bisa menyerang saat musim penghujan.

Melansir klikdokter.com, Rabu (20/10/2021) dr. Dyan Mega Inderawati menyebutkan bahwa hipotermia adalah kondisi ketika suhu tubuh turun drastis akibat cuaca dingin. Jika tak segera ditangani, kondisi ini dapat mengancam nyawa.

Baca Juga :  Diduga Slewengkan Dana Bansos, Kades di Bogor Digaruk Tim Siber Pungli

Bagi orang-orang yang tinggal di negara tropis, hipotermia lebih mudah terjadi karena tubuh biasanya selalu dalam kondisi hangat. Nah, dalam suhu yang dingin, tubuh akan kehilangan kehangatannya hingga 90 persen. Kondisi ini bahkan bisa 25 kali lebih cepat terjadi ketika lingkungan dingin tersebut berupa air, misalnya berenang di air dingin.

Menghadapi suhu dingin tersebut, tubuh akan mengaktifkan mekanisme termostat—pengaturan suhu inti di dalam tubuh agar tetap stabil dan normal di kisaran 37 derajat Celcius. Namun, bila suhu sekitar cukup ekstrem, kerja tubuh bisa kewalahan sehingga tidak mampu mengimbanginya. Hal inilah yang dapat terjadi ketika seseorang banyak beraktivitas di luar ruangan saat musim hujan tiba, utamanya ketika suhu udara menjadi lebih dingin dan cenderung berangin.

Halaman:
« 1 2 | Selanjutnya › » Semua