Jembatan Satu Duit, Sejarah dan Asal Usulnya Hingga Terkenal Angker
Jembatan Satu Duit, Sejarah dan Asal Usulnya Hingga Terkenal Angker. Foto : Lovely Bogor.

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR Jembatan satu duit menjadi salah satu pintu keluar masuk menuju pusat Pemerintah Kota Bogor. Meski terlihat masih kokoh menahan berat laju perubahan kota, namun sejarah mengenai asal usul jembatan satu duit ini tidak akan pernah hilang. Bahkan terkenal Angker pada masanya.

Melansir sejarahbogor.com, Jembatan satu duit yang menghubungkan jalan Warung Jambu dan Ahmad Yani ini konon telah berdiri sejak tahun 1850an, namun tentu saja dalam bentuk yang berbeda, karena sebelum tahun 1930an, aliran sungai ciliwung yang melintasi warung jambu masih terbagi menjadi dua aliran besar dan kecil.

BACA JUGA :  Sarapan Sehat dan Bergizi dengan Tumis Udang Sayuran yang Simple dan Lezat

Jembatan di warung jambu sudah ada sejak Gubernur Jenderal H.W.Daendels masih berkuasa. Pria kelahiran 1762 inilah yang kemudian menggagas pembangunan Jalan Raya Pos di sepanjang jalur Pantai Utara Jawa yang menghubungkan Anyer dengan Panarukan. Untuk menunjang transportasi barang dan hasil panen, maka fondasi Jembatan satu duit ini kemudian diperkokoh. Belum jelas apa nama jembatan tersebut di masa itu, tapi biasanya nama jembatan disesuaikan dengan kondisi dan nama daerahnya. Dengan kata lain, kemungkinan besar jembatan ini dulu disebut dengan nama Jembatan kedung badak.

BACA JUGA :  Cek Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor, Senin 22 April 2024

Penyebutan nama Jembatan satu duit sepertinya sudah digunakan sejak tahun 1930an, kala itu ada mitos yang menyebutkan untuk melemparkan 1 duit koin jika akan melewati jembatan ini, apalagi di waktu malam hari agar selamat sampai di seberang. Karena konon jembatan di kawasan ini terkenal angker sejak ditutupnya salah satu aliran Sungai Ciliwung.

============================================================
============================================================
============================================================