Kapal Van Der Wijck Ditemukan Arkeolog
Bangkai Kapal Van Der Wijck Ditemukan Arkelog Badan Pelestarian Cagar Budaya.

BOGOR-TODAY.COM, JAKARTAKapal Van Der Wijck ditemukan Arkeolog Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur Wicaksono Dwi Nugroho.

Diketahui, Kapal Van Der Wijck karam di sekitar perairan Brondong Lamongan pada tahun 1936 tepatnya 20 November.

Melansir cnnindonesia.com,  pihaknya menyebut penemuan Kapal Van Der Wijck itu masih terus dikaji untuk dapat ditemukan bukti konkretnya berdasarkan ilmu pengetahuan.

Kata dia, saat melakukan survei di titik tenggelamnya kapal Van Der Wijck sejak Juni 2021 telah diketahui dari foto-foto dan video yang didapatkan, namun karena perairan Lamongan yang cukup keruh, survei masih terus dilakukan pada Oktober ini.

“Tim arkeolog juga mendapatkan informasi Kapal Van Der Wijck mulai dari pernyataan masyarakat dan nelayan, serta keberadaan monumen tugu peringatan,” kata Wicaksono, seperti dikutip bogor-today.com dari cnnindonesia.com, Jumat (22/10/2021)

BACA JUGA :  Wajib Tahu Ini, 6 Manfaat Jahe Merah bagi Tubuh

Saat ini BPCB, sambung Wicaksono masuk pada tahapan identifikasi, apakah kapal karam yang ditemukan itu merupakan bangkai Kapal Van Der Wijck yang telah dikonfirmasi nelayan setempat.

Sehingga identifikasi Kapal Van Der Wijck terus dilakukan guna pembuktian lebih konkret, untuk tercapainya tujuan tersebut, perlu terus dilakukan eksplorasi. Sebab, ada banyak properti.

Wicaksono menyebut masyarakat setempat juga tidak ada yang berani menjarah, karena Kapal Van Der Wijck dianggap keramat.

Dengan demikian, Wicaksono berharap  jika ke depan dapat terus dieksplorasi, diangkat dan atas izin Bupati Lamongan, Kapal Van Der Wijck bisa dijadikan sebagai museum. Karena ada beberapa barang berharga ditemukan di lokasi peninggalan dan itu merupakan sejarah yang daerah lain tidak memiliki.

Sementara itu, Letkol Laut (T) Bagus Arianto dari Koarmada II Jatim, menyampaikan pesan Panglima Koarmada II Jatim, yang bersedia terlibat dalam kegiatan pencarian Kapal Van Der Wijck di perairan Lamongan.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Selasa 26 Maret 2024

Menurutnya, jika benar bangkai kapal karam tersebut adalah Kapal Van Der Wijck, ini dapat menjadi salah satu ikon dunia yang wajib dijaga.

“Berdasar foto ini apakah karakteristik tangga bisa dipastikan milik Kapal Van Der Wijck?, Penempatan tangga ini sesuai fungsi apakah kapal untuk perang atau untuk mengangkut penumpang. Baling-balingnya juga demikian,” katanya.

Ia mengatakan beberapa temuan seperti bentuk baling-baling Kapal Van Der Wijck harus dicocokkan dengan literatur kapal, model dan produksi tahun berapa.

“Terkait gambaran pengangkatan kapal, pengalaman saya butuh biaya yang sangat besar, untuk kapal sebesar Van Der Wijck,” kata Letkol Bagus.

============================================================
============================================================
============================================================