Kisah Tan Ek Tjoan
Kisah Tan Ek Tjoan Pemuda Keturunan Tionghoa yang Namanya Dijadikan Merk Roti.

BOGOR-TODAY.COM, BOGORKisah Tan Ek Tjoan, pemuda keturunan Tionghoa yang namanya dijadikan merk sebuah roti yang begitu populer bagi warga Jakarta dan Bogor hingga kini ternyata memiliki sejarah yang panjang dalam bisnis rotinya

Tan Ek Tjoan merintis usaha ini sejak 1921 di daerah Surya Kencana, Bogor. Sejak saat itu usahanya berkembang cepat. Bahkan Bung Hatta pun kerap mampir dan membeli roti yang memiliki ciri khas bertekstur keras itu.

Baca Juga :  Kursi Calon Ketua PK KNPI Cigudeg Dibandrol Rp 5 Juta

Melansir historia.id, Minggu (16/10/2021) dia (Bung Hatta) memerintahkan Sardi, pengawal Bung Karno, untuk membeli roti. Dia memberikan uang Rp5. Sardi pun membeli roti seharga Rp3,75. Bung Hatta lalu melahapnya.

Horst Henry Geerken, seorang ekspatriat asal Jerman yang pernah tinggal di Indonesia selama 18 tahun, juga memiliki kenangan tersendiri terhadap roti ini.

Baca Juga :  Makam Jaksa Agung RI Pertama Dipindahkan Menuju Taman Makam Pusara Adhyaksa, Cibinong

“Untuk roti tentunya hanya ada roti tawar. Sopir kami harus membelinya di Bogor, 40 kilometer jauhnya dari Jakarta. Tan Ek Tjoan adalah satu-satunya toko roti di sekitar itu yang bisa memperoleh tepung impor,” tulisnya dalam A Magic Gecko.

Halaman:
« 1 2 | Selanjutnya › » Semua