BOGOR-TODAY.COM, MALAYSIALavanya Sivaji, Miss World Malaysia 2021 mengklaim bahwa batik merupakan budaya Malaysia. Pernyataan itu, Sivaji tulis dalam akun intagramnya @lavanyasivaji.

“Kain batik melambangkan keragaman di antara orang Malaysia, dengan berbagai warna, cetakan & desainnya. Oleh karena itu, saya mempersembahkan kepada Anda gaun malam saya untuk Miss World Malaysia 2021 yang terbuat dari kain batik Malaysia,” tulis Lavanya Sivaji pada keterangan unggahan di Instagram.

Tak ayal, klaim tersebut lantas menuai ragam reaksi termasuk netizen Indonesia yang langsung membanjiri kolom komentar akun Instagram Sivaji.

BACA JUGA :  Pencuri Gondol 13 Kambing Ketahanan Pangan Milik Pemdes di Bogor

Sivaji membagikan potretnya mengenakan gaun batik untuk malam final Miss World Malaysia 2021 Minggu (17/10/2021).

Beberapa netizen menegaskan bahwa batik merupakan buatan dan budaya asli Indonesia.

“Seorang Miss itu harus pintar agar bisa merepresentasikan negaranya dengan baik, maka dia harus tau sejarah dan budaya negaranya, bukan milik negara lain. Belajar lagi yok biar pintar,” tulis seorang netizen.

BACA JUGA :  Resep Membuat Sambal Ikan Sepat Cabe Hijau yang Mantul

Batik itu buatan Indonesia,” tambah lainnya.

Usai menuliskan pernyataannya itu Sivaji lantas membuat permohonan maaf melalui Instagramnya.

“Halo semuanya! Kepada para pageant lovers khususnya di Indonesia. Saya harap kalian semua dalam keadaan sehat. Pertama-tama, saya ingin meminta maaf jika saya telah menyinggung siapa pun atas unggahan saya ini,” tulis Sivaji dalam keterangan unggahan di Instagram, Kamis (21/10/2021).

============================================================
============================================================
============================================================