Mengenal Stadion Pajajaran Tempo Dulu yang Terkenal Sebagai Lapangan Pacuan Kuda
Mengenal Stadion Pajajaran Tempo Dulu yang Terkenal Sebagai Lapangan Pacuan Kuda

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Lapangan sepak bola atau stadion Pajajaran yang berada di kawasan Tanah Sareal pada zaman dahulu merupakan bekas lapangan pacuan kuda di masa Hindia Belanda.

Melansir sejarahbogor.com, Kamis (14/10/2021) konon lapangan tersebut sudah ada sejak tahun 1853 dan digunakan oleh kaum sosialita Belanda yang tergabung dalam Buitenzorgsche Wedloop Societeit yang dipimpin oleh seorang tuan tanah yang tersohor yaitu  FHC van Motman.

Baca Juga :  Tukang Ojek Pangkalan Tewas Usai Ditusuk Pria Misterius, Polisi Buru Pelaku

Mereka ini memiliki hobi yang sama yaitu berkuda.  Para sosialita inilah yang kemudian meminta jatah tanah kosong di samping kantor residen Buitenzorg kepada Gubernur Jenderal Hindia Belanda Mr. A. J. Duymaer van Twist. Pada tahun 1873, dibangunlah gedung societeit te Buitenzorg yang kelak difungsikan untuk berbagai macam acara, atau sebut saja gedung serba guna.

Baca Juga :  Musyawarah Kecamatan PK KNPI Pamijahan Dibanjiri 77 Pendaftar

Biasanya pula, setiap setahun sekali klub berkuda ini akan menggelar hajatan besar yang berupa lomba pacuan kuda yang diikuti oleh peserta dari berbagai daerah di Hindia Belanda saat itu (sebutan Indonesia waktu masih dijajah Belanda).

Halaman:
« 1 2 | Selanjutnya › » Semua