Mitos atau Fakta Mengonsumsi Buah Pepaya Dapat Memicu Keguguran
Mitos atau Fakta Mengonsumsi Buah Pepaya Dapat Memicu Keguguran. Foto : Ilustrasi.

BOGOR-TODAY.COMBuah pepaya dipercaya kaya akan protein, selain itu pepaya juga memiliki banyak serat serta karbohidrat. Namun buah pepaya tidak bagi ibu hamil. Mitos atau fakta.

Berdasarkan para ahli, bahwa pepaya matang merupakan buah diyakini dapat meningkatkan risiko keguguran. Alasannya, cairan putih (lateks ) yang terdapat pada pepaya tersebut mengandung enzim yang diyakini dapat memicu pelepasan yang kemudian bisa menyebabkan kontraksi rahim. Oleh karena itu, konsumsi pepaya saat hamil dipercaya dapat meningkatkan risiko keguguran.

BACA JUGA :  Gelar Syiar Ramadhan, Organisasi Keluarga Mahasiswa Universitas Binaniaga Santuni Anak Yatim Piatu

Melansir Timenewnews.com, Sabtu (9/10/2021) konsultan dari departemen obstetri dan ginekologi di Jaslok Hospital Research Centre Dr Danny Laliwala menyebutkan pepaya dapat menyebabkan keguguran. Oleh karena itu, Danny menyarankan ibu hamil untuk menghindari pepaya selama kehamilan.

BACA JUGA :  Ini Daftar 16 Atlet Indonesia di Olimpiade Paris 2024

“Pada tiga bulan pertama itu dapat menyebabkan keguguran dan pada bulan-bulan penghujung kehamilan itu dapat menyebabkan perdarahan internal,” ujar Dr Danny.

Namun, kata dia ibu hamil sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan saran mengenai boleh atau tidaknya mengonsumsi pepaya yang disesuaikan dengan kondisi masing-masing. (net)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================