Pasca Tragedi Susur Sungai
Pemakaman Kansa, salah satu korban susur sungai saat dimakamkan di tempat pemakaman Desa Cimari, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Sabtu (16/10/2021) pagi Foto : Detik.com

BOGOR-TODAY.COM, CIAMISPasca tragedi susur sungai maut yang mengakibatkan 11 siswa Madrasah Tsanawiyah (Mts) Harapan Baru, Ciamis, Jawa Barat Kementerian Agama (Kemenag) berencana akan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan siswa.

Melansir cnnindonesia.com, Sabtu (16/10/2021) dalam insiden tersebut, diketahui siswa dari MTs Harapan Baru Cijantung tengah melakukan latihan Pramuka di sekitar tempat kejadian perkara (TKP).

Kegiatan tersebut diikuti oleh 150 siswa kelas 7 dan kelas 8.

Direktur Jendral (Dirjen) Pendidikan Islam Kemenag, M Ali Ramdhani kepada wartawan menyebutkan bahwa giat yang berisiko tinggi harus benar-benar memperhatikan aspek keselamatan.

BACA JUGA :  Minum Teh Bisa Merusak Ginjal, Benarkah? Ini Kata Dokter

“Ini akan kami evaluasi,” kata,M Ali.

Kata dia, diperlukan pemetaan potensi risiko terhadap kegiatan-kegiatan sejenisnya. Ia telah meminta Kepala Bidang (Kabid) Madrasah Kantor Wilayah Jawa Barat melakukan pemetaan tersebut.

Kemenag pun menyampaikan duka mendalam atas insiden yang terjadi tersebut. Ia menyinggung bahwa para siswa meninggal secara syahid.

“Kami sampaikan duka mendalam. Para siswa meninggal saat ikut proses pendidikan. Insya Allah mereka syahid. Semoga keluarga para siswa tetap tabah dan sabar,” ucap Ali.

Sebagai informasi, insiden itu terjadi di Dusun Wetan, Desa Utama, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis pada sekitar pukul 13.30 WIB. Saat insiden, sejumlah siswa dan guru turun ke sungai untuk melakukan penyeberangan.

BACA JUGA :  Diare Disebabkan Karena Konsumsi Makanan Bersantan, Benarkah? Simak Ini

Namun demikian, ada sebagian siswa yang tenggelam dan tak berhasil penyeberang. Dari informasi yang dihimpun. kegiatan Pramuka itu dilakukan di sekitar sekolah dan dengan melewati sungai Cileueur.

Dalam hal ini, kegiatan susur sungai itu diduga minim peralatan keselamatan. Adapun penanggung jawab kegiatan pramuka ialah pembina Pramuka MTs Harapan Baru, Ropiah dan Wakil Kepala Sekolah Kesiswaan MTs Harapan Baru, Elin.

============================================================
============================================================
============================================================