Angkat kedua lengan ke atas, tekuk siku dan posisikan tangan di belakang kepala. Dorong siku ke depan dan cermati payudara. Lalu dorong siku ke belakang dan cermati bentuk maupun ukuran payudara.

Posisikan kedua tangan pada pinggang, condongkan bahu ke depan sehingga payudara menggantung, dan dorong kedua siku ke depan, lalu kencangkan atau kontraksikan otot dada Anda.

Angkat lengan kiri ke atas, dan tekuk siku sehingga tangan kiri memegang bagian atas punggung. Dengan menggunakan ujung jari tangan kanan, raba dan tekan area payudara, serta cermati seluruh bagian payudara kiri hingga ke area ketiak. Lakukan gerakan atas-bawah, gerakan lingkaran dan gerakan lurus dari arah tepi payudara ke puting, dan sebaliknya. Ulangi gerakan yang sama pada payudara kanan Anda.

BACA JUGA :  Kordinatoriat PWI Bogor Timur dan PWI Kabupaten Bogor Gelar Santunan Yatim

Cubit kedua puting. Cermati bila ada cairan yang keluar dari puting. Berkonsultasilah ke dokter seandainya hal itu terjadi.

Pada posisi tiduran, letakkan bantal di bawah pundak kanan. Angkat lengan ke atas. Cermati payudara kanan dan lakukan tiga pola gerakan seperti sebelumnya. Dengan menggunakan ujung jari-jari, tekan-tekan seluruh bagian payudara hingga ke sekitar ketiak.

BACA JUGA :  Pemkab Bogor Berkomitmen Tingkatkan Nilai MCP Pada Tahun 2024

“Nah, itulah enam langkah melakukan SADARI untuk deteksi dini kanker payudara yang mudah untuk dipraktikan di rumah,” jelasnya.

Dia juga menambahkan, kanker payudara ditandai dengan adanya sel abnormal pada jaringan payudara.

Meski penyakit ini bisa terjadi pada pria dan wanita, jumlah wanita yang mengidap penyakit ini lebih banyak. Kanker ini paling umum menyerang wanita pada usia 20 hingga 39 tahun.

Mari kenali dan dukung gerakan melawan kanker payudara.  Deteksi dini adalah perlindungan terbaik dalam melawan penyakit ini. (*/Aditya)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================