Pullman Ciawi
Pullman Ciawi Vimala Hills Resort Spa & Convention berkolaborasi dengan Laboratorium Klinik Prodia mengadakan TALK SHOW bertempat di Pullman Ciawi Vimala Hills Convention Center pada Selasa (26/10/2021).

BOGOR-TODAY.COM, BOGORPullman Ciawi Vimala Hills Resort Spa & Convention berkolaborasi dengan Laboratorium Klinik Prodia mengadakan TALK SHOW bertempat di Pullman Ciawi Vimala Hills Convention Center pada Selasa (26/10/2021).

“Pullman Ciawi “GOES PINK” 2021 merupakan tahun pertama perusahaan untuk melakukan gerakan yang menyuarakan peningkatan kesadaran dan menyebarkan kewaspadaan masyarakat terhadap penyakit dengan kasus terbanyak kedua setelah kanker serviks yang diderita oleh wanita Indonesia,” ujar Gilles Tressens, General Manager Pullman Ciawi Vimala Hills Resort Spa & Convention.

Sementara itu, Dokter Umum di Laboratorium Klinik Prodia, dr. Indri Engkay menuturkan, ada enam langkah untuk deteksi dini kanker payudara karea penyakit tersebut tak hanya menyerang kepada kaum perempuan saja bahkan laki-laki pun bisa terkena kanker payudara.

BACA JUGA :  Komplotan Pelaku Pencuri Pikup L300 di Kota Bogor Berasal dari Parung

Pullman Ciawi

“Rutin melakukan deteksi dini kanker payudara secara mandiri atau periksa payudara sendiri (SADARI) bisa membantu perempuan melindungi diri dari kanker payudara,” ucap dr Indri saat pemaparan di hadapan para peserta.

Lantas, bagaimana cara deteksi dini kanker payudara? Dr. Indri menjelaskan, deteksi dini kanker payudara dapat dilakukan setiap bulan.

Pullman Ciawi

Bagi perempuan yang masih subur, bisa melakukan deteksi dini kanker payudara pada 7 hingga 10 hari setelah hari pertama haid.  Sementara bagi perempuan yang telah menopause bisa melakukan deteksi dini kanker payudara pada tanggal yang sama setiap bulan.

BACA JUGA :  Jadi Beban APBD Kota Bogor, Komisi III Pertanyakan Urgensi Kantor Pemerintahan Baru

Berikut enam langkah mudah melakukan SADARI untuk deteksi dini kanker payudara:

Berdiri tegak. Cermati bila ada perubahan pada bentuk dan permukaan kulit payudara, pembengkakan dan/atau perubahan pada puting. Namun, perlu diingat bahwa jika bentuk payudara kanan dan kiri tidak simetris adalah hal biasa.

============================================================
============================================================
============================================================