Sebuah Fenomena Badai Matahari Diperkirakan Hantam Bumi

Sebuah Fenomena Badai Matahari Diperkirakan Hantam Bumi
Sebuah Fenomena Badai Matahari Diperkirakan Hantam Bumi.

BOGOR-TODAY.COM, LONDON – Sebuah fenomena badai matahari diperkirakan akan menghantam bumi hari ini yang berpotensi menyebabkan masalah besar pada jaringan listrik dan internet.

Seperti dilansir dari TheSun.co.uk Selasa 12 Oktober 2021, menurut Kantor Meteorologi Inggris dan Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional Amerika Serikat (NOAA), fenomena tersebut diperkirakan akan mencapai Bumi sekitar pukul 12 tengah malam nanti.

Baca Juga :  Kisah Mistis Tukang Becak Mendapat Penumpang Wanita, Endingnya Bikin Jantung Copot

“Diprediksi akan menimbulkan badai geomagnet kecil dan menengah. Badai kecil kemungkinan akan berlanjut hingga 12 Oktober (waktu setempat) sebelum angin kencang dari lubang korona tiba dan dapat melanjutkan aktivitas geomagnetik yang relatif aktif,” katanya.

Badai matahari terjadi karena sejenis fenomena suar matahari yang disebut Corona Mass Ejection (CME). Ini adalah pengusiran plasma besar dari lapisan luar Matahari yang dikenal sebagai korona.

Baca Juga :  11 Siswa Madrasah Tsanawiyah Harapan Baru Ditemukan Tewas Tenggelam Saat Susur Sungai Cileueur, 10 Lainnya Selamat

Sinar matahati dapat mempengaruhi sistem komunikasi dengan mengganggu sinyal radio.

Namun, medan magnet bumi dapat membantu melindungi manusia dari efek yang lebih ekstrim yang disebabkan oleh fenomena tersebut.

Sementara itu, Kantor Meteorologi Inggris mengimbau masyarakat untuk tidak panik. (net)