Hari itu awalnya tidak memiliki tema khusus dan tujuannya adalah untuk mempromosikan advokasi kesehatan mental dan mendidik masyarakat tentang isu-isu yang relevan. Melihat popularitas kampanye tersebut, pada tahun 1994 untuk pertama kalinya digunakan tema hari tersebut yaitu “Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan Jiwa di Seluruh Dunia”.

Setiap tahun berlalu, popularitas hari itu terus tumbuh. Beberapa tema awalnya adalah Women and Mental Health (1996), Children and Mental Health (1997), Mental Health and Human Rights (1998) dan Mental Health and Aging (1999).

BACA JUGA :  Mahkota Binokasih dan Artefak Perjalanan Islam Dipamerkan di Perpustakaan Kota Bogor

Persiapan untuk Hari Kesehatan Mental Sedunia dibuat berbulan-bulan sebelumnya dan di beberapa negara program ini berlangsung selama beberapa hari, atau seminggu, atau bahkan dalam beberapa kasus sepanjang bulan.

Tema Hari Kesehatan Jiwa Sedunia tahun ini

Tema Hari Kesehatan Jiwa Sedunia tahun ini adalah ‘Kesehatan mental di dunia yang tidak setara’. Sementara pandemi telah mempengaruhi semua orang, orang-orang dengan kondisi kesehatan jangka panjang, atau menghadapi diskriminasi atau pengasuhan sendiri adalah yang paling berjuang dan membutuhkan lebih banyak dukungan.

“Seiring dengan kesenjangan pengobatan, kita harus mengatasi stres di tempat kerja, membantu remaja di sekolah serta pengasuh dan keluarga orang yang hidup dengan masalah kesehatan mental. Kita perlu secara proaktif mengatasi stigma dan diskriminasi yang terkait dengan kesehatan mental yang menciptakan hambatan untuk mengakses perawatan dan pengobatan, ”tegas Dr Poonam.

BACA JUGA :  Menu Diet dengan Sup Sayuran Kuah Bening yang Rendah Lemak

Hari Kesehatan Mental Sedunia memberikan kesempatan untuk berbicara tentang kesehatan mental secara umum, bagaimana mematahkan stigma di sekitarnya, dan pentingnya berbicara ketika berjuang dengan masalah kesehatan mental. (net)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================