Studi Menyebut Minuman Pemanis Buatan Dapat Meningkatkan Rasa Ingin Terus Makan
Studi Menyebut Minuman Pemanis Buatan Dapat Meningkatkan Rasa Ingin Terus Makan. Foto : Ilustrasi.

BOGOR-TODAY.COM – Kerap mengonsumi minuman yang mengandung pemanis buatan diyakini dapat meningkatkan rasa ingin terus makan. Hal itu berdasarkan studi yang dilakukan seorang peneliti dari University of Southern California, Kathleen Page.

Menurut Kathleen, itu berdasarkan eksperimen dan penelitian yang dilakukan terhadap 74 orang yang memiliki usia 18 hingga 35 tahun. Terbukti efek tersebut paling menonjol pada perempuan dan orang yang obesitas.

Baca Juga :  Seorang Perempuan 18 Tahun Jadi Target Pelecehan Seksual Mr. X

“Semua partisipan tidak memiliki riwayat gangguan makan atau diabetes. Mereka diminta minum minuman yang mengandung sucralose dan juga minuman dengan gula,” kata Kathleen, seperti dikutip cnnindonesia.com, Senin  (11/10/2021).

Setelah itu, Kathleen juga kemudian mengukur gula darah, hormon metabolisme dan memindai gambar otak partisipan. Hasilnya, Kathleen menemukan pemanis sucrolose, yang banyak terdapat dalam minuman soda dapat menyebakan peningkatan nafsu makan karena terkait dengan aktivitas di otak.

Baca Juga :  110 Tenaga Kesehatan TNI Tiba di Bogor, Danrem Langsung Menerjunkan ke Pelosok

“Eksperimen ini menemukan bahwa perempuan dan orang dengan obesitas memiliki aktivitas otak yang lebih besar setelah mengkonsumsi pemanis buatan,”jelasnya.

Aktivitas penghargaan otak yang lebih besar berarti bahwa tubuh merasa lapar setelah mengonsumsi minuman berpemanis. Alhasil, tubuh akan mengonsumsi lebih banyak kalori setelahnya.