Studi Menyebut Minuman Pemanis Buatan Dapat Meningkatkan Rasa Ingin Terus Makan
Studi Menyebut Minuman Pemanis Buatan Dapat Meningkatkan Rasa Ingin Terus Makan. Foto : Ilustrasi.

BOGOR-TODAY.COM – Kerap mengonsumi minuman yang mengandung pemanis buatan diyakini dapat meningkatkan rasa ingin terus makan. Hal itu berdasarkan studi yang dilakukan seorang peneliti dari University of Southern California, Kathleen Page.

Menurut Kathleen, itu berdasarkan eksperimen dan penelitian yang dilakukan terhadap 74 orang yang memiliki usia 18 hingga 35 tahun. Terbukti efek tersebut paling menonjol pada perempuan dan orang yang obesitas.

“Semua partisipan tidak memiliki riwayat gangguan makan atau diabetes. Mereka diminta minum minuman yang mengandung sucralose dan juga minuman dengan gula,” kata Kathleen, seperti dikutip cnnindonesia.com, Senin  (11/10/2021).

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor, Jumat 26 April 2024

Setelah itu, Kathleen juga kemudian mengukur gula darah, hormon metabolisme dan memindai gambar otak partisipan. Hasilnya, Kathleen menemukan pemanis sucrolose, yang banyak terdapat dalam minuman soda dapat menyebakan peningkatan nafsu makan karena terkait dengan aktivitas di otak.

“Eksperimen ini menemukan bahwa perempuan dan orang dengan obesitas memiliki aktivitas otak yang lebih besar setelah mengkonsumsi pemanis buatan,”jelasnya.

Aktivitas penghargaan otak yang lebih besar berarti bahwa tubuh merasa lapar setelah mengonsumsi minuman berpemanis. Alhasil, tubuh akan mengonsumsi lebih banyak kalori setelahnya.

BACA JUGA :  KUSTA, KENALI PENYAKITNYA RANGKUL PENDERITANYA

Sementara, dikutip Independent.com, penelitian ini juga menemukan, pria yang memiliki berat badan yang sehat tidak mengalami peningkatan respons rasa lapar dan tidak berpengaruh oleh konsumsi pemanis buatan.

Peneliti menyarankan agar perempuan dan orang dengan obesitas dapat menghindari pemanis buatan untuk dapat mengelola berat badan.

“Dapat berpotensi menjadi rekomendasi diet mengenai penggunaan dan kemanjuran untuk manajemen berat badan,” Tutup Kathleen. (net)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================