Warga Rusunawa

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Warga Rusunawa Kota Bogor kini dimudahkan bayar sewa tempat tinggalnya masing-masing lewat SIPACAR (Sistem Informasi dan Pembayaran Cara Anyar) yang diperkenalkan Dinas Perumahan dan Pemukiman Kota Bogor.

Penggunaan aplikasi berbasis QRIS ini diresmikan penggunaannya oleh Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim di Rusunawa Menteng Asri awal Oktober lalu.

Dedie menilai, sistem ini merupakan terobosan inovatif Dinas Perumahan dan Pemukiman Kota Bogor dan Badan Pendapatan Daerah Kota Bogor untuk mengurangi transaksi fisik.

“Dengan QRIS dan Sipacar, para penyewa tidak perlu lagi bertemu dengan petugas untuk melakukan pembayaran sewa,” lanjut Dedie.

Selain memudahkan, sistem ini juga menjamin pengelolaan uang sewa berlangsung lebih transparan dan lebih akuntabel.

BACA JUGA :  Ngaku Guru Agama, Pria Makassar Nyamar Pakai Cadar Berbaur dengan Akhwat di Masjid

Menurut Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Bogor, Juniarti Estiningsih program ini merupakan inovasi pelayanan yang bertujuan membantu para pengguna Rusunawa untuk membayar uang sewa bulanan mereka.

“Cukup mengunakan aplikasi melalui hand phone, mereka sudah bisa melakukan transaksi pembayaran uang sewa,” katanya.

Diharapkan dengan sistem digital ini, pembayaran uang sewa bisa berjalan lebih lancar pada setiap bulannya. Selain itu, uang pembayaran dari para penyewa langsung masuk ke kas daerah melalui Bapenda. Tidak ada lagi uang tunai yang tertahan di pengelola.

Kepala UPTD Rusunawa Kota Bogor, Ilham Gunawan menilai, sistem pembayaran digital ini relatif bukan sesuatu yang asing bagi para penyewa.

“Saya kira rata-rata penghuni sudah terbiasa menggunakan aplikasi pembayaran online, karena mereka juga sudah terbiasa dengan belanja online yang tentunya menggunakan aplikasi,” jelasnya.

BACA JUGA :  Pj. Bupati Bogor Sampaikan Laporan Keuangan Pemkab Bogor Tahun 2023 Kepada BPK

Realitas itulah yang menjadi pijakan dan pertimbangan untuk menerapkan sistem pembayaran uang sewa secara online. Diperkirakan inilah sistem pembayaran uang sewa Rusunawa secara online yang pertama diberlakukan di Indonesia.

Aplikasi Sipacar sesungguhnya bukan hanya sebatas aplikasi sistem pebayaran sewa. Sipacar adalah aplikasi yang sekaligus merupakan sebuah sistem informasi. Melalui aplikasi ini warga bisa mengakses berbagai informasi terkait Rusunawa.

“Diantaranya seperti ketersediaan unit rumah yang kosong dan bisa disewa,” katanya.

Informasi seperti itu tentu diperlukan oleh banyak warga yang membutuhkan rumah sewa dengan tarif yang relatif murah.

Warga Rusunawa

============================================================
============================================================
============================================================